Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog dengan Blogspot yang mudah dan gratis

Hai agan-agan semua, selamat datang saya ucapkan disitus sandywarman.com yang sederhana ini. Setelah sebelumnya saya membuat informasi tentang Mengenal Struktur Dasar HTML sebuah web, kali ini saya akan lanjut untuk membahas tentang cara membuat blog / web dengan blogspot yang mudah dan gratis. Menggunakan blogger sebagai platformnya dan second domain blogspot, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar hosting ataupun domainnya karena hosting dari blogger itu gratis demikian juga dengan sub domainnya yang 100% gratis. Membuat web di blogger juga terbilang mudah dibandingkan dengan platform yang lainnya. Menyelesaikan membuat web di blogger sangat mudah dan hanya dalam hitungan menit sudah bisa selesai. 


Nah biar tidak kepanjangan pengantarnya, langsung saja berikut saya sampaikan cara terbaru membangun web di blogger dengan sub domain blogspot (contoh: www.gustisandywarman.blogspot.com):

Pertama:
yang harus dilakukan adalah mendaftar dulu di blogger dengan menggunakan email dari yahoo ataupun google mail. Tapi biar lebih mudah gunakan saja alamat gmail nya. Bila anda belum punya alamat email dari gmail, silahkan daftar dulu di gmail.com

Kedua:
Biasanya kalau anda sudah mendaftar alamat email di google mail (alamatanda@gmail.com), maka anda langsung terdaftar di Blogger, namun bila anda menggunakan alamat email dari Yahoo maka anda diwajibkan untuk mendaftar di blogger. Untuk membuat web di blooger caranya sebagai berikut:

a) Ketik alamat www.blogger.com pada address bar di browser anda, sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut:


b) Bila anda sudah punya alamat email dari google, langsung saja masukan pada kolom email dan passwordnya di kolom sandi, seperti yang terlihat pada gambar diatas. Jika belum, silahkan klik pada pilihan Buat Akun yang ada dibagian bawahnya, sehingga muncul tampilan sebagai berikut:

c) Lengkapi isian pada formulir pendaftaran tersebut, seperti Nama, Nama pengguna, Password, Tanggal lahir, Gender, Ponsel. Setelah itu ketikan teks verifikasinya, dan centang pilihan bahwa anda menyetujui segala persyaratan yang diberikan. setelah itu klik opsi Langkah Selanjutnya. Sehingga muncul halaman berikut:

d) Silahkan pilih gambar profil anda, atau kalau diabaikan langsung klik Langkah Berikutnya, sehingga tampil halaman berikutnya:

e) Setelah muncil tampilan tersebut berarti pendaftaran anda sudah sukses. Selanjutnya klik Kembali ke Blogger,dan klik Lanjutkan ke Blogger, sehingga anda akan diarahkan ke Dashboard blogger anda.

f) Nah setelah sampai di halaman Dashboard anda, selanjutnya untuk membuat Web blog anda, klik pilihan Blog Baru seperti gambar diatas. maka akan muncul laman seperti berikut:

g) Selanjutnya sesuai dengan yang ditunjukan pada tanda digambar diatas:
    1) Isi judul web / blog anda, misalnya Kios Pulsa
    2) Masukan alamat web / blog yang diinginkan dan lihat ketersediaannya.
    3) Pilih tampilan web / blog yang diinginkan
    4) Klik Buat Blog

maka web / blog anda sudah tercipta. Nah selanjutnya anda tinggal membuat artikel / kontennya saja. Untuk membuat Artikel baru, tinggal klik gambar new post seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah.

Mungkin itu yang dapat saya jelaskan tentang Cara Membuat Blog dengan Blogspot yang mudah dan gratis ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda semuanya.

2 komentar untuk "Cara Membuat Blog dengan Blogspot yang mudah dan gratis"

  1. mantap (y) ini yang diperlukan pemuda bali, agar bs berekspresi dengan pengetahuannya

    BalasHapus
  2. Suksma n trima kasih atas kedatangannya.. ngiring bersama-sama mengembangkan pengetahuan.

    BalasHapus