SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 27 Agustus 2016

Langkah - langkah Membersihkan Area Umum Hotel (Public Area)

Area umum hotel

Tata Graha, sandywarman.com - Dalam melaksanakan pembersihan area umum hotel / public area, maka haruslah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan sesuai dengan standar operasional prosedur. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekacauan dalam melakukan pembersihan yang nantinya akan berdampak pada efisiensi kerja. Sebagai seorang profesional, house keeping attendant harus melakukan pembersihan sesuai dengan langkah-langkah berikut:

1. Memilih dan menata peralatan
Hal pertama yang harus dilakukan seorang house keeping attendant dalam membersihkan area umum adalah menentukan cleaning equipment / peralatan pembersih yang diperlukan. Peralatan pembersih / cleaning equipment yang dibawa haruslah sesuai dengan keperluan untuk membersihkan area yang akan dibersihkan.

Tahap memilih dan menata peralatan meliputi:
a. Persiapan diri / personal grooming
b. Pemilihan jenis cleaning equipment
c. Pahami cara penggunaan cleaning equipment
d. Pedoman perawatan cleaning equipment
e. Perbaikan
f. Keamanan, dan
g. Pakaian pelindung

2. Membersihkan Tempat Kering dan Basah
Sebelum melakukan pembersihan pada area kering dan basah terlebih dahulu perlu diketahui, mengapa dan bagaimana area harus bersih?
Sesuatu yang bersih akan memberikan rasa yang nyaman terhadap tamu, dan apabila area hotel tidak bersih akan menimbulkan kesan buruk terhadap tamu mengenai hotel/perusahaan terkait, dan tidak hanya itu saja lebih jauh lagi akan mempengaruhi kesehatan seseorang dalam jangka waktu tertentu, karena mengabaikan sanitasi dan hygiene serta keselamatan kerja. Untuk mengantisipasi kebersihan area kering dan basah serta menjaga sanitasi dan hygiene kita perlu mengetahui sumber-sumber pengotor dan sumber-sumber lain yang menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu prosedur kerja dan pemilihan bahan pembersih pun perlu diperhatikan.

3. Menjaga, Menyimpan Peralatan dan Bahan Pembersih
Setelah selesai melakukan pembersihan, pekerjaan tidak cukup sampai disana saja. Namun, hal yang penting perlu dilakukan adalah pada penggudangan. Sebelum peralatan pembersih digudangkan, maka haruslah dijaga kebersihannya agar usia penggunaannya bisa lebih lama dan ketika akan digunakan kembali terasa lebih nyaman. Alat pembersih (Cleaning equipment) dan bahan pembersih (cleaning supplies) harus disimpan secara berkelompok agar lebih mudah ketika diambil.

Demikianlah informasi tentang langkah-langkah membersihkan area umum hotel. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kawan-kawan yang sedang membuat tugas mata pelajaran Tata Graha.

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims