Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Macam-macam Perangkat Pembelajaran - Tugas PPG

Perangkat Pembelajaran, maka terdapat beberapa hal yang bisa saya sampaikan. Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.


Tujuan adanya perangkat pembelajaran adalah untuk memenuhi keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran dijadikan sebagai acuan, dasar atau rambu-rambu bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran agar mencapai tujuan yang diharapkan. Tanpa adanya perangkat pembelajaran akan menyebabkan pembelajaran menjadi tidak terarah, tidak jelas dan tujuannya biar.

Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Manfaat perangkat pembelajaran, yaitu:

  1. Perangkat pembelajaran sebagai panduan, artinya perangkat pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru di dalam kelas. Selain itu, perangkat pembelajaran memberi panduan dalam mengembangkan teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat yang lebih baik.
  2. Perangkat pembelajaran sebagai tolak ukur, artinya bahwa seorang guru yang profesional harus mampu melakukan evaluasi pada proses pembelajaran yang dilakukan dengan membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang didapatkan dalam pembelajaran. Kegiatan evaluasi bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas di kelas, strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran dengan data yang ada di perangkat pembelajaran.
  3. Perangkat pembelajaran sebagai peningkatan profesionalisme, artinya bahwa seorang guru harus menggunakan dan mengembangkan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin. Memperbaiki segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya. Jika tidak demikian, maka kemampuan sang guru tidak akan berkembang bahkan mungkin menurun.
  4. Perangkat pembelajaran mempermudah seorang guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. Dengan perangkat pembelajaran, seorang guru mudah menyampaikan materi hanya dengan melihat perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan mengingat.

Macam-macam perangkat pembelajaran

1. KI KD

Kompetensi Inti (KI) merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran;

2. Kalender Akademik

Kalender pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.

3. Rincian Pekan Efektif

Seorang guru wajib menganalisis minggu efektif untuk satu tahun yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

4. Program Tahunan

Program tahunan adalah suatu program yang memuat rancangan atau program yang direncanakan untuk pembelajaran.

5. Program Semester

Program semester adalah suatu program dibuat dengan mencocokkannya pada kalender pendidikan. Hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan kalender, kapan harus mengajar dan kapan harus libur.

6. Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.

7. KKM

Kriteria Ketuntasan Minimal ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dalam kurikulum 2013 diatur dalam Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu kompleksitas materi/kompetensi, intake/kualitas peserta didik, serta Pendidik dan daya dukung satuan pendidikan.

8. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.

Mulai tahun 2019 terdapat kebijakan tentang RPP yang disederhanakan, kemudian dengan adanya pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan dengan daring sehingga guru membuat RPP Daring.

Bentuk dari RPP Luring lengkap, RPP Luring disederhanakan dan RPP Daring tentunya memiliki perbedaan dalam hal komponen yang ada didalamnya.

a. Komponen RPP Luring Lengkap

  1. Identitas Sekolah
  2. Mata Pelajaran
  3. Kelas/Semester
  4. MateriPokok
  5. AlokasiWaktu
  6. Kompetensi Inti
  7. Kompetensi Dasar (KD)
  8. Tujuan Pembelajaran
  9. Materi Ajar
  10. Metode Pembelajaran
  11. Alat/Bahan/Sumber Belajar
  12. Langkah-langkah Pembelajaran
  13. Penilaian

b. Komponen RPP Luring disederhanakan

  1. Identitas Sekolah
  2. Mata Pelajaran
  3. Kelas/Semester
  4. MateriPokok
  5. AlokasiWaktu
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Kegiatan Pembelajaran
  8. PENDAHULUAN
  9. KEGIATAN PEMBELAJARAN
  10. REFLEKSI DAN KONFIRMASI
  11. PENILAIAN

c. Komponen RPP Daring

  1. Identitas Sekolah
  2. Mata Pelajaran
  3. Kelas/Semester
  4. MateriPokok
  5. AlokasiWaktu
  6. Tujuan Pembelajaran
  7. Kegiatan Pembelajaran
  8. PENDAHULUAN
  9. KEGIATAN PEMBELAJARAN: Kegiatan pendahuluan, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup
  10. PENILAIAN PEMBELAJARAN

Posting Komentar

0 Komentar