SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Selasa, 26 Agustus 2014

Jenis dan Sumber Data dalam Paket Program Pengolah Angka Spreadsheet

Pada perangkat lunak pengolah angka OpenOffice Calc dan microsoft excel mempunyai beberapa jenis data yang dapat diolah, diantaranya adalah:

- Tipe data alpha numerik / teks
Merupakan tipe data berupa teks seperti huruf (A -Z, a - z), simbol (*, A, $, %, #, @, dll) dan angka (0-9) yang tidak akan dapat diproses secara matematika. Jika data yang dimasukkan adalah data angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai alpha numerik/teks, maka kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut, seperti : '2001. Jenis data teks jika dimasukkan ke dalam sel, maka formatnya akan otomatis rata kiri. Data jenis teks merupakan suatu data yang terdiri atas karakter atau bisa berupa gabungan dari huruf dan simbol serta angka. Biasanya data jenis teks ini ditampilkan dalam beberapa bentuk huruf (font), ukuran (size), warna (color), dan berbagai format teks yang lainnya. Untuk mengatur format tampilan teks dapat dilakukan melalui menu maupun menggunakan toolbar Formatting, seperti yang telah dijelaskan pada sub bab 2.3.6.

- Tipe data numerik / angka
Merupakan data yang terdiri dari angka (0 - 9), simbol mata uang, waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. Format ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Penulisan data dengan tipe angka tidak boleh didahului oleh label prefiks ( ‘ ). Jenis data tanggal jika dimasukkan ke dalam sel, maka format default yang ditampilkan adalah mm/dd/yy di mana ”mm” adalah bulan (Mounth), dan ”dd” adalah tanggal (Date), serta ”yy” adalah tahun (Year). Jenis data waktu jika dimasukkan ke dalam sel, maka format default yang akan ditampilkan berupa hh:mm:ss di mana ”hh” adalah jam (Hours), dan ”mm” adalah menit (Minutes), serta ”ss” adalah detik (Seconds). Untuk berbagai keperluan, maka format data waktu ini juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan ini juga tergantung pada setting regional pada masing-masing komputer.

- Tipe data formula/rumus
Merupakan tipe data yang terdiri dari rumus-rumus, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan serta fungsi matematika lainnya dan tipe data formula ini akan selalu digunakan untuk pengolahan data misalnya pengolah nilai siswa. Penulisan tipe data rumus biasanya diawali dengan tanda ” = ”.

Pada saat bekerja di Open Office Calc ataupun Microsoft Office Excel, kita harus mengetahui posisi cell pointer yang berfungsi untuk mengetahui posisi cell yang aktif. Cell aktif adalah cell yang sedang melakukan suatu perintah tertentu. Untuk menggerakan pointer dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :

Tombol Shortcutkey untuk menngerakan cell pointer
Tombol  Keterangan

←↑→↓ Pindah satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah

Enter Pindah satu sel ke bawah

Home Pindah ke kolom A pada posisi baris yang aktif

Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif

Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan

PgUp Pindah satu layer ke atas

PgDn Pindah satu layer ke bawah

Alt + PgUp Pindah satu layer ke kiri

Alt + PgDn Pindah satu layer ke kanan

Ctrl + PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya

Ctrl + PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya

1 komentar:

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims