SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Kamis, 09 Oktober 2014

FUNGSI FINANSIAL DALAM MICROSOFT EXCEL

A. Pengertian Fungsi Finansial
Fungsi Finansial Microsoft Excel merupakan fungsi dalam Excel yang berkaitan dengan keuangan, akuntansi serta ekonomi. Fungsi Finansial Microsoft Excel ini berguna untuk menghitung lebih cepat data-data keuangan. Dalam Aplikasinya , penggunaan Fungsi Finansial dibagi dalam dua bagian utama , yaitu :

1. Future Value
Berdasarkan Sejumlah nilai tertentu sekarang, akan dihitung berbagai kemungkinan nilai uang di masa mendatang pada berbagai tingkat suku bunga dan waktu.

2. Present Value
Berdasarkan sejumlah uang pada masa mendatang pada berbagai tingkat bunga , akan dihitung nilai uang tersebut sekarang.

Excel menyediakan fungsi finansial untuk mengolah data investasi yang siap digunakan, diantaranya melalui fungsi-fungsi : PV, FV, PMT, NPV, IRR, MIRR.
  • PV = Present Value (nilai sekarang) menunjukkan berapa nilai uang pada saat ini untuk nilai tertentu di masa mendatang.
  • FV = Future Value (FV) digunakan untuk menghitung nilai di masa mendatang dari suatu nilai saat ini yang besarnya tetap pada setiap periode selama jangka waktu tertentu.
  • PMT = digunakan untuk menentukan nilai Total Angsuran
  • NPV = NPV menghitung nilai saat ini untuk setiap rangkaian arus kas dan menjumlahkannya untuk mendapat nilai bersih saat ini.
  • IRR = Mengembalikan tingkat pengembalian internal untuk serangkaian arus kas yang dinyatakan oleh angka dalam nilai.
  • MIRR = Mengembalikan laba atas investasi internal yang dimodifikasi untuk serangkaian arus kas periodik. MIRR mempertimbangkan baik biaya investasi maupun bunga yang diterima dari penginvestasian kembali kas.
Pada pemakaian fungsi finansial digunakan ketentuan sebagai berikut :
  1. Bila dikeluarkan uang, maka digunakan tanda – di depan angka tersebut. 
  2. Bila menerima uang, maka digunakan tanda + di depan angka tersebut
B. Variabel dalam Fungsi Finansial
Dalam menentukan nilai Future Value dan Present Value digunakan beberapa Variabel sebagai berikut :

Variabel
Keterangan
FVNilai kemudian (future value) atau nilai modal pada akhir jangka waktu ( 0 jika tidak diisi)
Value1, Value2,..Value nPembayaran periodik jika jumlah pembayaran masing masing periode sama
NPER Jumlah periode adalah jangka waktu penanaman modal
PMTPembayaran (payment) per periodik jika jumlah pembayaran masing masing periode sama.
TYPETipe pembayaran yang akan dilakukan ,
· 0 = diakhir periode
· 1 = diawal periode
Jika type dihilangkan maka diasumsikan = 0
PERJumlah pembayaran periodik individual
PVNilai Sekarang (present value) adalah nilai penanaman modal saat ini. Jika PV dihilangkan maka diasumsikan = 0
RATENilai Suku bunga




C. Penerapan Fungsi Finansial pada Microsoft Excel
1. PV (Preset Value)
Mengembalikan nilai investasi saat ini. Nilai saat ini adalah jumlah total harga hari ini dari serangkaian pembayaran yang akan datang. Misalnya, ketika Anda meminjam uang, jumlah pinjaman adalah nilai saat ini bagi pemberi pinjaman.
Rumus
=PV(rate, nper, pmt, [fv], [type])

Keterangan:
  • Rate Diperlukan. Suku bunga tiap periode. Misalnya, jika Anda mengambil kredit mobil dengan bunga tahunan 10 persen dan melakukan pembayaran bulanan, maka suku bunga per bulan Anda adalah 10%/12, atau 0.83%. Anda akan memasukkan 10%/12, atau 0.83%, atau 0.0083, ke dalam rumus sebagai suku bunga.
  • Nper Diperlukan. Total jumlah periode pembayaran dalam satu anuitas. Misalnya, jika Anda mendapatkan kredit mobil selama empat tahun dan membuat pembayaran bulanan, pinjaman Anda memiliki periode 4*12 (atau 48). Anda akan memasukkan 48 ke dalam rumus nper.
  • Pmt Diperlukan. Pembayaran yang dilakukan setiap periode dan tidak bisa berubah sepanjang hidup anuitas. Umumnya, pmt mencakup pokok pinjaman dan bunga tanpa biaya lain dan pajak. Misalnya, pembayaran bulanan kredit mobil sebesar $10.000 selama empat tahun dengan bunga 12 persen adalah $263.33. Anda akan memasukkan -263.33 ke dalam rumus sebagai pmt. Jika pmt dikosongkan, Anda harus memasukkan argumen fv.
  • Fv Opsional. Nilai masa mendatang, atau keseimbangan kas yang ingin Anda capai setelah pembayaran terakhir dilakukan. Jika fv dikosongkan, maka diasumsikan sebagai 0 (misalnya, nilai masa depan sebuah pinjaman adalah 0). Misalnya, jika Anda ingin menabung $50.000 untuk membayar sebuah proyek khusus dalam waktu 18 tahun, maka $50.000 adalah nilai masa depan. Setelah itu Anda dapat membuat perkiraan konservatif terhadap suku bunga dan menentukan berapa banyak yang harus Anda tabung setiap bulan. Jika pmt dikosongkan, Anda harus memasukkan argumen pmt.
  • Type Opsional. Angka 0 atau 1 dan menunjukkan bahwa pembayaran telah jatuh tempo.
Catatan
Pastikan Anda konsisten tentang unit yang Anda gunakan untuk menentukan suku bunga dan nper. Jika Anda melakukan pembayaran bulanan pada pinjaman empat tahun dengan bunga tahunan 12 persen, gunakan 12%/12 untuk suku bunga dan 4*12 nper. Jika Anda membuat pembayaran tahunan pada pinjaman yang sama, gunakan 12% untuk suku bunga dan 4 untuk nper.
Contoh
Salin contoh data di dalam tabel berikut ini dan tempel ke dalam sel A1 lembar kerja Excel yang baru. Agar rumus memperlihatkan hasil, pilih datanya, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.

Contoh penggunaan fungsi PV pada microsoft office excel

Latihan 1a 
Misalkan untuk suatu hadiah sayembara sebesar Rp 25.000.000 diberikan pilihan menerima  Rp 25.000.000 tunai sekarang atau menerima Rp 7.000.000 setiap tahun selama 5 tahun.  Mana yang lebih menguntungkan, bila tingkat bunga 15 % per tahun. Sepintas, bila kita menerima Rp 7.000.000 setiap tahun selama 5 tahun, maka jumlah total yang diterima adalah Rp 35.000.000,- namun tidak dapat segera dapat dinikmati, karena nilai tunainya tidak sebesar itu. Buatlah lembar kerjanya seperti Gambar berikut, simpanlah dengan nama Latihan 1a.
contoh penerapan fungsi PV
contoh penerapan fungsi PV

Latihan 1b 
Sebuah perusahaan sedang menilai proposal sebuah proyek dengan nilai investasi sebesar Rp 40.000.000 yang akan menghasilkan aliran kas masuk secara konstan sebesar Rp 10.000.000 selama 8 tahun. Analisis kelayakan investasi dicoba dengan dua pertimbangan yaitu pertama, dengan suku bunga 15% per tahun ; kedua, perusahaan akan menerima Rp 80.000.000 pada akhir tahun ke-8. Apakah proposal tersebut diterima atau ditolak ?. Buatlah lembar kerja seperti Gambar 2, simpanlah dengan nama Latih1b.
analisis kelayakan proyek dengan fungsi PV
gambar 2 analisis kelayakan proyek dengan fungsi PV

Penyelesaian : 

SEL
RUMUS
D9=PV(D4,D5,D6)
D10
=IF(D9<D7,"Investasi dipertimbangkan diterima","investasi sebaiknya ditolak")
D18=PV(D13,D14,,D15)
D19=IF(D18<D16,"Investasi dipertimbangkan diterima","investasi sebaiknya ditolak")



Demikian yang dapat saya bagikan tentang Pengertian dari Fungsi Finansial dan penerapan fungsi Present Value (PV) pada program aplikasi microsoft office excel.

SUMBER:
- office.microsoft.com/id-id/
- Departemen teknik informatika ITB

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims