SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 03 Januari 2015

Pembelajaran 2 Motivasi, Tujuan Perjalanan, dan Jenis Wisata - Modul Pengantar Pariwisata SMK Kelas XI

Motivasi perjalanan wisata ke Bali Zoo Park (Kebun Binatang Bali)
Motivasi perjalanan wisata ke Bali Zoo Park (Kebun Binatang Bali)
Pembelajaran 2
Motivasi, Tujuan Perjalanan, dan Jenis Wisata

Uraian

A. Berbagai Daya Tarik Daerah Tujuan Wisata

Banyak orang dibelahan Dunia ini yang melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang belum pernah dikunjunginya. Melihat sesuatu yang unik yang memiliki nilai keindahan merupakan suatu kebutuhan dari manusia karena manusia juga memiliki sifat ingin tahu. Tahukah anda apa yang menjadi motivasi dari perjalanan wisata? Selanjutnya, apakah tujuan dari perjalanan wisata itu? Nah untuk bisa memahami hal tersebut berikut akan dijelaskan secara lebih rinci.

1. Motivasi Wisata

Untuk umumnya seseorang yang melakukan perjalanan wisata bisa dimotivasi oleh beberapa hal, dari berbagai motivasi yang mendorong perjalanan, Mclntosh dan Murphy pernah mengatakan bahwa motivasi bisa dibagi menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut:
  1. Physical or physiological motivation atau motivasi yang mempunyai sifat fisik atau fisiologis, contohnya seperti relaksasi, kesehatan, kenyamanan, berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, bersantai, dan yang berhubungan dengan sifat fisik lain.
  2. Cultural motivation atau motivasi budaya, adalah keinginan untuk mengetahui budaya, adat, tradisi, dan kesenian di daerah lain. Hal itu juga termasuk ketertarikan dari berbagai objek peninggalan budaya atau bangunan yang bersejarah.
  3. Social motivation atau interpersonal motivation atau motivasi yang mempunyai sifat sosial, seperti mengunjungi teman dan keluarga, menemui mitra kerja, melakukan hal yang dianggap mendatangkan gengsi, seperti nilai pretise, melakukan ziarah, dan melakukan pelarian dari situasi-situasi yang membosankan.
  4. Fantasy motivation atau motivasi karena fantasi, merupakan adanya fantasi bahwa di daerah lain, seseorang akan mampu lepas dari rutinitas keseharian yang menjemukan, dan ego-enhancement yang memberi kepuasan psikologis. Hal seperti itu juga disebut dengan status and prestige motivation.
Motivasi perjalanan seseorang sering dipengaruhi oleh faktor internal wisatawan dan faktor eksternal. Motivasin adalah salah satu faktor penting untuk calon wisatawan dalam mengambil keputusan mengenai daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi, calon wisatawan akan mempunyai persepsi pada daerah tujuan wisata yang memungkinkan, dimana persepsi ini mampu dihasilkan oleh preferensi individual, pengalaman sebelumnya, dan informasi yang bisa didapatkan.

Ada motivasi yang kuat dari seseorang ketika melakukan perjalanan wisata, bagi seorang wisatawan, perjalanan tersebut memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:
  1. Perjalanan wisata adalah wahana penyegaran dan regenerasi fisik dan mental.
  2. Perjalanan wisata berkaitan dengan kompensasi terhadap berbagai hal yang melelahkan, dan hal itu juga berfungsi sebagai wahana integrasi sosial bagi mereka yang di rumahnya merasa terkena teralienasi.
  3. Perjalanan wisata mempunyai manfaat dalam pelarian dari situasi keseharian yang penuh dengan ketegangan, rutinitas yang menjemukan dan berbagai macam kejenuhan-kejenuhan karena beban dari pekerjaan yang berat.
  4. Perjalanan wisata merupakan mekanisme bagi seseorang agar bisa mengeluarkan perasaannya, melalui komunikasi dengan orang lain termasuk dengan masyarakat lokal yang ada di daerah tujuan wisata.
  5. Perjalanan wisata adalah salah satu wahana yang berfungsi untuk mengembangkan wawasan pariwisata.
  6. Perjalanan wisata adalah wahana yang mempunyai fungsi untuk mendapatkan kebebasan.
  7. Perjalanan wisata adalah wahana yang bisa digunakan untuk realisasi diri.
  8. Perjalanan wisata adalah sesuatu yang menyenangkan, dan bisa membuat hidup lebih bahagia.
2. Tujuan Perjalanan Wisata

Banyak orang suka berwisata, yang mempunyai manfaat untuk menyegarkan pikiran setelah lelah bekerja dan bersekolah. Berwisata sering dilakukan ketika mendapat libur kerja dan libur sekolah, Anda pasti suka berwisata bersama teman dan keluarga ketika masa libur tiba. Pasti ada hal yang memotivasi atau ada tujuan yang anda inginkan dari perjalanan wisata yang anda lakukan, dan setiap orang punya tujuan masing-masing ketika berwisata.

Beberapa pendapat mengenai tujuan perjalanan wisata yang dilakukan oleh individu atau kelompok ada beberapa tujuan, seperti pendapat dari H. A. Maslow dalam bukunya yang berjudul Motivation & Personality, berpendapat bahwa orang melakukan perjalanan karena alas an kebutuhan atau need, terbagi atas dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
  1. Physiological needs atau kebutuhan akan makanan, air dan udara.
  2. The needs for security and safety atau kebuthan keamanan dan keselamatan.
  3. The survival needs atau kebutuhan akan keberadaannya, dicintai dan mencintai.
  4. The self actualization atau realization needs atau kebutuhan pengakuan diri.
  5. The needs to develop one’s own potential atau kebutuhan pengembangan potensi diri.
  6. The need to create or building one’s own personality and character atau kebutuhan akan menciptakan, membangun kepribadian dan karakternya.
  7. The need for change, divertissement, new scenery and experience atau kebutuhan akan perubahan, pelepasan, suasana, dan pengalaman baru.
Jhon A. Thomas dalam bukunya yang berjudul Asta Travel News, menyebutkan ada 18 motivasi seseorang yang melakukan perjalanan seperti:

a. Education and cultural motives yang terdiri dari beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
  1. Melihat bagaimana kehidupan masyarakat di Negara lain, seperti dimana ia tinggal, bekerja dan bermain.
  2. Melihat tempat-tempat khusus yang ada disekitar.
  3. Memperoleh pemahaman yang lebih baik pada suatu tempat yang pernah didengar.
  4. Menghadiri suatu pertunjukan khusus.
b. Relaxation and pleasure, seperti:
  1. Meninggalkan kegiatan atau pekerjaan rutin.
  2. Memperoleh waktu yang terbaik.
  3. Mencapai pengalaman-pengalaman yang mempunyai sifat romantic.
c. Ethnic 
  1. Mengunjungi suatu tempat saudara-saudara kita hidup.
  2. Mengunjungi suatu tempat kepergian dari saudara-saudara dan teman-teman.
d. Other
  1. Berjemur.
  2. Kesehatan.
  3. Olahraga.
  4. Ekonomi.
  5. Petualangan.
  6. Pengembangan diri.
  7. Mengikuti arus.
  8. Ikut serta dalam sejarah.
  9. Motivasi sosial.
Tujuan berwisata lainnya yaitu sebagai berikut:
  1. Wisata yang bertujuan untuk tujuan bersenang-senang atau wisata refreshing.
  2. Wisata yang mempunyai tujuan dalam keagamaan atau wisata religi.
  3. Wisata yang mempunyai tujuan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, discovery tourism, dan cultural tourism.
  4. Wisata yang mempunyai tujuan untuk olah raga, seperti golf, hunting, fishing, berkuda, dan balapan.
  5. Wisata yang bertujuan untuk kesehatan dan pengobatan atau health tourism.
  6. Untuk tujuan bisnis atau pengembangan usaha dan meeting, incentive, convention & exhibition atau MICE.
  7. Untuk tujuan minat khusus seperti menyelam, arung jeram, sky, dan fly.
B. Jenis-Jenis Wisata

1. Wisata Budaya

Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, wisata budaya mempunyai arti bepergian secara bersama-sama dengan tujuan mengenali hasil kebudayaan daerah setempat. Beberapa contoh wisata budaya, seperti: Upacara adat, seni pertunjukan adat, ritual-ritual, peninggalan nenek moyang, dan lain-lain yang terkait dengan wisata budaya.

2. Wisata Pendidikan

Wisata pendidikan adalah program wisata yang bisa berpadu dengan program pendidikan yang ada didalamnya. Jenis wisata ini bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berfungsi untuk mendukung pelajaran yang ada di sekolah.

3. Wisata Alam

Wisata alam adalah kegiatan rekreasi dan pariwisata yang bisa memanfaatkan potensi alam dan menikmati keindahan alam, yang masih alami atau yang sudah ada usaha budi daya, agar ada daya tarik wisata pada tempat tersebut. Wisata alam bisa digunakan sebagai penyeimbang hidup setelah melakukan aktivitas yang sangat padat, dalam suasana pada keramaian kota.

4. Wisata Bahari

Wisata bahari merupakan sebuah kegiatan wisata yang berhubungan dengan laut, pantai, dan danau. Selain menawarkan objek seperti ekosistem laut yang bisa ditawarkan sebagai daya tarik wisata, hal itu saat ini sudah dikemas dalam berbagai event yang diselenggarakan di laut, pantai, dan wilayah sekitarnya.

5. Wisata sejarah

Wisata sejarah yaitu melakukan kegiatan wisata ke tempat-tempat peninggalan sejarah, seperti museum, prasasti dan candi.

6. Wisata religi

Wisata religi merupakan perjalanan wisata dengan mengunjungi tempat khusus umat beragama, biasanya mengunjungi beberapa tempat, seperti tempat ibadah ataupun makam tokoh-tokoh agama terkemuka.

EVALUASI

Untuk evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dengan modul ini, maka jawablah pertanyan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar. Jawaban dibuat pada kertas double polio kemudian kumpulkan jawaban kepada gurumu.

Pertanyaan:
  1. Jelaskan 4 macam motivasi menurut McIntosh dan Murphy !
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Physiological motivation ?
  3. Sebutkan contoh dari Physiological motivation !
  4. Jelaskan tentang motivasi budaya !
  5. Jelaskan jenis-jenis dari wisata !
  6. Jelaskanlah pengertian wisata budaya menurut KBBI!
  7. Tuliskan beberapa contoh dari wisata budaya !
  8. Pernahkah anda melakukan perjalanan wisata? Apa motivasi anda melakukan perjalanan wisata?
  9. Jelaskan manfaat melakukan perjalanan wisata!
  10. Jelaskan tujuan dari berwisata yang anda lakukan!

RANGKUMAN MODUL

1. Motivasi perjalanan wisata bisa dibagi menjadi empat macam, yaitu:
  1. Physical or physiological motivation
  2. Cultural votivation atau motivasi budaya
  3. Social motivation atau interpersonal motivation
  4. Fantasy motivation
2. Tujuan berwisata adalah sebagai berikut:
  1. Wisata yang bertujuan untuk tujuan bersenang-senang atau wisata refreshing.
  2. Wisata yang mempunyai tujuan dalam keagamaan atau wisata religi.
  3. Wisata yang mempunyai tujuan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, discovery tourism, dan cultural tourism.
  4. Wisata yang mempunyai tujuan untuk olah raga, seperti golf, hunting, fishing, berkuda, dan balapan.
  5. Wisata yang bertujuan untuk kesehatan dan pengobatan atau health tourism.
  6. Untuk tujuan bisnis atau pengembangan usaha dan meeting, incentive, convention & exhibition atau MICE.
  7. Untuk tujuan minat khusus seperti menyelam, arung jeram, sky, dan fly.
3. Jenis wisata ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
  1. Wisata bahari
  2. Wisata pendidikan
  3. Wisata alam
  4. Wisata religi
  5. Wisata budaya
TUGAS INDIVIDU

Kerjakan tugas berikut ini dan kumpulkan pada gurumu sebelum Ulangan Tengah Semester (UTS)

Soal:

- Ceritakanlah pengalaman Anda dalam melakukan perjalanan wisata kesuatu daerah tujuan wisata dengan daya tarik wisatanya yang anda senangi.

- Tugas dibuat dalam bentuk makalah, minimal 3 halaman.

2 komentar:

  1. kalo boleh tau, teori motivasi dari mcintosh sama murphy, nama bukunya apa ya? thanks

    BalasHapus
  2. terima kasih atas postingannya sangat membantu.
    mau tanya, untuk postingan ini, berasa dari buku apa ya? dengan karangan serta tahun cetak? ditunggu jawabannya, terima kasih

    BalasHapus

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims