Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kiat Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja

Membudayakan Keselamatan Kerja
Membudayakan Keselamatan Kerja
Seringkali menjadi momok bahwa membudayakan Keselamatan Kerja adalah sesuatu yang sulit. Tidak demikian !!!, semuanya bisa menjadi sederhana bila tempat kerja anda pimpin dengan nialai-nilai keamanan yang benar, dan memimpinya dengan konsisten untuk menanamkan kepercayaan yang  kuat  dikalangan karyawan.  Budaya  keamanan  yang kuat tergambar dari nilai-nilai keberpihakan pada keamanan, sistem manajemen, program, dan seluruh karyawan mahir dan giat dalam menyingkirkan bahaya dan risiko di tempat kerja.

Berikut adalah tips berguna bagi anda yang berminat untuk membudayakan keselamatan di tempat kerja. Tips ini juga merupakan sari dari beberapa tips yang dikumpulkan dari literatur dan praktek-praktek suskes yang pernah dicapai diberbagai perusahaan.

10 Kiat Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja

1. Disain area kerja yang aman.
Di area kerja terdapat banyak peralatan. Dimulai dari peralatan yang paling  sederhana  sampai  pada  peralatan  yang  canggih.  Seperti:
bangku, lemari dan meja kerja; furnitur; konveyor; peralatan ringan s/d
berat;  dan kendaraan.  Pengaturan tata  letak  sangat  penting  untuk membantu mencapai efisiensi dan efektifitas kerja, mencegah error,
dan terakhir menekan kejadian yang tidak diharapkan yang berakibat
kecelakaan.

2. Menjaga kebersihan area kerja.
Sebab area kerja yang bersih adalah wilayah kerja yang aman dan sehat. Pada area kerja yang bersih bahaya tersingkirkan, disamping
itu area kerja yang bersih akan meningkatkan produktivitas yang lebih
bersar dari karyawan.

3. Libatkan karyawan.
Libatkan karyawan anda dalam proses perencanaan safety. Karyawan adalah orang pertama yang paling memahami situasi ditempat kerja. Mereka juga akan termotivasi dengan baik untuk safety.

4. Instruksi kerja yang jelas.
Berikan instruksi kerja yang jelas. Berikan pelatihan untuk memperjelas   dan  meningkatkan   pemahaman.  Instruksi   diberikan
dalam  bentuk  tertulis  dan  pastikan  mereka  karyawan  membaca,
mempelajari dan memahaminya. Dan yang terakhir pastikan karyawan anda mengakui sebagai penerimaan terhadap program kerja safety anda.

5. Fokus pada hal-hal yang feasible.
Fokuskan  upaya  keselamatan  anda  pada  masalah  yang  paling mungkin  bisa  dilakukan.  Memberikan  fokus  kepada  masalah  yang
besar adalah penting, namun hal tsb termasuk yang tidak mungkin bisa dilaksanaan oleh karyawan dan hal ini akan berkontribusi kepada terjadi pelanggaran yang berdampak kepada cidera atau kecelakaan.

6.   Membuka diri untuk menerima masukan, kritikan dari bawahan.
Mendorong karyawan untuk melaporkan kepada anda tentang kekurangan,  isu-isu,  wawasan dalam  masalah safety. Hal  ini  akan berdampak terhadap membudayakan safety di tempat kerja. Pimpinan tempat kerja harus membuka diri untuk menerima masukan, kritikan dari bawahan.

7. Observasi.
Anda harus melakukan observasi dan mempelajari setiap karyawan melakukan pekerjaan mereka. Perhatikan dan lakukan koreksi pada mereka yang melakukan jalan pintas, dan memberikan pengharggan kepada mereka yang melakukan tugas-tugas secara baik dan mereka di jadikan sebagai teladan bagi staf yang lain.

8. Menjaga semua mesin dan peralatan dalam keadaan baik.
Adalah  tanggung  jawab  majikan  untuk  memastikan  bahwa  semua mesin dan peralatan kerja berada didalam kondisi yang baik. Pastikan juga memelihara shift kerja, roster kerja dengan sebaik-baiknya.

9. Hazard, bahaya.
Hindari bahaya yang tidak perlu. Untuk hal itu lakukan pemeriksaan rutin   atau   sesering   mungkin   tempat   kerja   anda.   Adalah   perlu
pemahaman, kemahiran untuk melakukan Identifikasi Bahaya dengan
baik dan benar.

10. Review.
Setiap tahun, atau tiap ada perubahan di tempat kerja harus dilakukan peninjauan  kembali  pedoman  kerja  keselamatan  di  tempat  kerja. Mulailah review tahunan dengan melakukan pemeriksaan tempat kerja anda, dan penelaahan menyeluruh terhadapa Sistem, program keselamatan anda.

Demikianlah 10 Kiat Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja yang dapat diterapkan guna mewujudkan keselamatan dalam bekerja sehingga terhindar dari kecelakaan kerja.

Posting Komentar untuk "10 Kiat Membudayakan Keselamatan di Tempat Kerja"