SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 21 Februari 2015

5 Faktor Eksternal yang mendukung Upaya Pemeliharaan Personal Hygiene - Materi sanitasi hygiene dan keselamatan kerja

Semua orang pastinya ingin hidup sehat tanpa pernah terganggu oleh penyakit. Namun hal itu tidak mungkin terjadi, karena penyakit pasti pernah menyerang manusia akibat dari pengaruh lingkungan. Untuk memelihara kesehatan, kita harus mencegah berbagai kemungkinan sumber penyakit dengan penerapan hygiene dan personal hygiene. Personal hygiene akan dapat dilakukan apabila faktor internal dan faktor ekternal juga mendukung. Kesadaran dalam diri untuk memelihara kebersihan diri merupakan faktor intoernal. Sementara untuk faktor eksternalnya adalah faktor yang berasal dari luar diri yang berperan penting dalam mewujudkan personal hygiene. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan 5 (lima) faktor eksternal yang mendukung upaya pemeliharaan Personal hygiene.

Upaya pemeliharaan personal hygiene didukung dengan tersedianya fasilitas:
Contoh penerapan personal hygiene
Contoh penerapan personal hygiene
  1. Kamar mandi dan toilet yang bersih, tersedia sabun cair dan cukup air
  2. Tempat mencuci tangan atau washbasin
  3. Pakaian seragam/pakaian kerja yang lengkap
  4. Pemeriksaan kesehatan secara rutin
  5. Makanan yang sehat dan bergizi


Setiap perusahaan memberikan pakaian seragam bagi stafnya, setiap unit kerja memiliki seragam untuk menunjukkan identitas dari profesi/ pekerjaannya.

Tujuan dari pemberian seragam yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bidang pariwisata adalah kenyamanan, keserasian dan keamanan dalam menjalankan tugas serta untuk membedakan spesifikasi masing-masing bagian dalam pekerjaan.

Selain pakaian seragam (uniform), kita juga harus menjaga kesehatan secara  fisik  karena  sehat  secara  fisik  penting  dalam  melaksanakan rutinitas pekerjaan. Yang dimaksud dengan sehat secara fisik adalah sehat jasmani, selalu menjaga, merawat dan melindungi diri dari berbagai jenis penyakit dengan memperhatikan 5 (lima) hal yaitu: Sanitasi lingkungan, personal higiene, nutrisi makanan yang dikonsumsi, istirahat yang cukup serta berolah raga.

Setiap   bidang   pekerjaan   mempunyai   tanggungjawab   dalam   hal bekerja dengan selalu menerapkan hygiene. Apa yang akan anda lakukan bila staf di tempat kerja anda tidak menerapkan hygiene dalam pekerjaannya sehari-hari. Bagaimana mengatasinya?

Ada baiknya dijadwalkan pemeriksaan hygiene secara rutin untuk melatih disiplin dan tanggungjawab staf. Dalam hal ini ada baiknya disusun kriteria yang sesuai dengan penerapan hygiene pada masing-masing tempat kerja.

Nah itulah penjelasan mengenai 5 Faktor Eksternal yang mendukung Upaya Pemeliharaan Personal Hygiene, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Bila ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentar anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims