SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 21 Februari 2015

7 Hal yang dilakukan untuk menjaga keselamatan pribadi dan orang lain di tempat kerja

Contoh Akibat Kecelakaan Kerja
Contoh Akibat Kecelakaan Kerja
Dalam bekerja di suatu tempat kerja, tentunya kita ingin bekerja tanpa adanya kecelakaan. Namun kadang kala karena kecerobohan dan tidak memperhatikan petunjuk, membuat pekerja mengalami kecelakaan kerja. Nah untuk terhindar dari adanya kecelakaan kerja, ada 7 Hal yang dilakukan untuk menjaga keselamatan pribadi dan orang lain di tempat kerja. Ikutilah instruksi yang telah diberikan kepada anda dan anda tidak akan memperoleh kecelakaan.

Berikut ini panduan umum mengenai 7 hal yang dilakukan untuk menjaga keselamatan pribadi dan orang lain di tempat kerja:

1. Apakah anda sudah dilatih?
Jangan mempergunakan peralatan yang anda belum pernah dilatih untuk mempergunakannya. Atasan anda bertanggung jawab untuk menyiapkan peralatan yang sesuai, dan meyakinkan instruksi yang dibuat tentang penggunaan peralatan tersebut diikuti.

2. Periksalah peralatan sebelum dan sesudah digunakan
Periksalah kabel dan colokannya pada peralatan listrik sebelum dan sesudah menggunakan, demi keamanan.

3. Hentikan bila ada kesalahan
Bila peralatan berhenti bekerja, rusak, atau nampaknya ada kesalahan hentikan penggunaan. Suara yang aneh, panas yang berlebihan, berhenti pada saat dipakai adalah tanda-tanda adanya masalah. Jangan ditunda segera tempelkan label “mesin rusak” dan laporkan kepada supervisor.

4. Hindari kerusakan pada kabel peralatan
Jangan  biarkan  kabel  peralatan  tersangkut di  bawah  pintu  atau perabot, atau ditarik pada ujung yang tajam. Jangan menarik kabel.
Bila anda kehabisan kabel gantilah colokan pada tempat yang lebih
nyaman. Matikan colokan sebelum dipindahkan. Cabutlah colokan dengan perlahan dengan memegang colokannya bukan kabelnya.

5. Hindari bahaya kesetrum (tripping)
Bila anda menyedot atau memoles koridor dan jangan biarkan kabel pada salah satu tembok sehingga mengurangi bahaya tersandung. Pergunakanlah tanda bahaya bila kabel harus terentang dimana tamu, pengunjung atau staf lain harus melintas.

6. Hindari bahaya tersengat listrik
Jangan biarkan secara sembarangan barang yang  menghubungkan listrik. Jangan menyentuh colokan atau tombol dengan tangan basah. Bila anda mengganti sambungan (attachments),matikan mesin dan lepaskan colokan.

7. Lakukan pemeliharaan secara berkala
Bila anda selesai menggunakan mesin, matikan, lepaskan colokan, kosongkan  dan  bersihkan  sesuai  instruksi  yang  diberikan.  Gulung kabel dengan hati-hati supaya tidak terlalu kencang dan tidak ada luka pada kabel. Dan lakukan pemeliharaan peralatan secara berkala

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims