SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 21 Februari 2015

Pembelajaran 2 - Pengertian Hygiene (Pentingnya Hygiene)

Pengertian Hygiene
Masalah hygiene tidak dapat dipisahkan dari masalah sanitasi, dan penerapan sanitasi dan hygiene dilakukan secara bersama-sama. Kebiasaan memperhatikan hidup bersih dan bekerja bersih akan berdampak pada perilaku lingkungan tempat kerja dan lingkungan sekitarnya.

Kata Hygiene berasal dari bahasa Yunani yang artinya ilmu untuk membentuk dan menjaga kesehatan (Streeth, J.A and Southgate, H.A, tahun 1986). Dalam sejarah Yunani Hygiene berasal dari nama seorang Dewi yaitu Hygea (Dewi pencegah penyakit).

Arti lain dari Hygiene yang intinya sama adalah:
  • Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia
  • Ilmu yang mengajarkan cara-cara untuk mempertahankan kesehatan jasmani, rohani dan sosial untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi
  • Suatu pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada usaha kesehatan  perseorangan  atau  manusia  beserta  lingkungan  tempat orang tersebut berada
  • Keadaan  dimana  seseorang,  makanan,  tempat  kerja  atau  peralatan aman, sehat dan bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga atau binatang lainnya.
  • Menurut Brownell, hygiene adalah bagaimana caranya orang memelihara dan melindungi kesehatan
  • Menurut Gosh, hygiene adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh  faktor  yang  membantu/mendorong  adanya  kehidupan  yang sehat baik perorangan maupun melalui masyarakat.
  • Menurut Prescott, hygiene menyangkut 2 (dua) aspek yaitu:
  • Yang menyangkut individu (personal hygiene) 
  • Yang menyangkut lingkungan (environment)

"Hygiene is a concept related to medicine as well as to personal and professional care practices related to most aspects of living although it is most often associated with cleanliness and preventative measures".

Dapat disimpulkan tentang pengertian hygiene dilihat dari beberapa pengertian di atas yaitu: Hygiene adalah usaha pencegahan/preventif gangguan kesehatan dengan mengusahakan kebersihan pada objek manusia-nya.

Mencuci tangan dengan sabun
Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dan  hygiene  dengan membersihkan  tangan  dan  jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga  sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit.  Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah  dari  satu  orang  ke  orang  lain,  baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Tangan  yang  bersentuhan  langsung  dengan kotoran  manusia  dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti pilek, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan.

PBB telah  mencanangkan  tanggal 15  Oktober sebagai Hari  Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia. Ada 20 negara di dunia yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, salah satu di antaranya adalah Indonesia.

Personal hygiene, mencuci tangan dengan benar
Personal hygiene, mencuci tangan dengan benar

Tentunya membersihkan tangan harus dilakukan secara baik sesuai dengan aturan dengan menggunakan obat pembunuh bakteri dan air bersih, seperti yang ditunjukan pada gambar tersebut di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims