Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profesi dalam pengembangan aplikasi web

Ada  banyak  ragam  dalam  profesi  di  dalam  bidang  Teknologi  Informasi, bagaimana  dengan profesi  yang  berada  dalam  lingkungan  pengembangan aplikasi web? Berikut ini adalah profesi-profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya :
  • Web Designer
  • Web Programmer
  • Web Administrator
  • Web Master
  • Web Developer

Berikut ini akan saya jelaskan secara lebih rinci mengenai berbagai profesi-profesi yang langsung terkait dengan pengembangan aplikasi web tersebut.
a. Web Designer
Seorang desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan / layout dari web. Mereka lebih konsen dengan  bagaimana  halaman  terlihat  dan  apakah  berfungsi  sempurna  ketika sudah diberikan  bahasa  pemrograman.  Didalam  pendandanan  suatu  situs seorang Web Designer harus menguasai :
- HTML, DHTML
- Pengolah Gambar
- Animasi, Movie (Film)

b. Web Programmer
Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis. dimana agar sebuah web tersebut dapat telihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet

c. Web Administrator
Tugasnya  adalah  untuk  memaintenance  suatu server,  mengerti  akan  Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server

d. Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

e. Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang  dinamakan Web Developer.
Web developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan di buat, membangun sebuat website.

Dari semua jenis pekerjaan diatas tidak semua adalah sebuah profesi karena tidak semua orang ahli dalam bidang tersebut. Yang bisa dikatakan sebagai sebuah  profesi  yaitu  jika  seseorang  sudah  ahli  di  dalam  bidang  pekerjaan tersebut. Jika di pekerjaan diatas yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi adalah web designer, web programmer, web administrator, web master dan web developer  karena dalam  bidang tersebut seseorang  memang  sudah memiliki keahlian di dalamnya.

sumber informasi: Purnomo, Wahyu, Dkk. Pemrograman Web 1 untuk SMK / MAK Kelas X. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik & Tenaga Kependidikan, th. 2013: Jakarta

Posting Komentar untuk "Profesi dalam pengembangan aplikasi web"