Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan Peringkat dengan RANK (Fungsi RANK) dalam Microsoft Office Excel

Dewasa ini segala hal dapat dilakukan dengan lebih mudah, seperti dalam rekapitulasi nilai untuk laporan nilai akhir siswa. Kemudahan ini berkat adanya aplikasi pengolah angka yang terpasang pada PC, Laptop, Android atau perangkat lainnya yang mendukung. Untuk mencari total nilai dapat mengunakan fungsi SUM, menghitung rata-rata dengan fungsi AVERAGE, mencari nilai terbesar dengan fungsi MAX, mencari nilai minimal / terkecil dengan fungsi MIN, dan lain sebagainya.

Satu fungsi lagi yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya adalah fungsi yang digunakan untuk rumus menentukan rangking kelas sesuai dengan perolehan nilai siswa pada satu kelas. Kalau kita menggunakan cara manual tentu akan merepotkan sekali apalagi jika memiliki siswa sampai 50 orang dalam satu kelas. Secara manual kita harus mengurutkan nilai dari yang terbesar sampai yang terkeci dengan fasilitas short yang ada pada excel. Nah untuk memudahkan penentuan ranking, kita bisa menggunakan rumus dengan fungsi RANK.

SINTAKS

Secara umum penggunaan fungsi RANK ini menggunakan sintaks:
RANK(number,ref,[order])

Sintaks fungsi RANK memiliki argumen berikut:
  • Number     Diperlukan. Angka yang peringkatnya ingin Anda temukan.
  • Ref     Diperlukan. Sebuah array dari, atau referensi ke, daftar angka. Nilai nonnumerik di ref diabaikan.
  • Order     Opsional. Angka yang menentukan cara menetapkan peringkat.
Jika urutan adalah 0 (nol) atau dihilangkan, Microsoft Excel menetapkan peringkat angka seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam urutan turun.

Jika urutan adalah nilai bukan nol, Microsoft Excel menetapkan peringkat seolah-olah ref adalah daftar yang diurutkan dalam urutan naik.

CONTOH PENERAPAN FUNGSI RANK

Contoh kasus:
Buatlah tabel seperti gambar 1 pada microsoft office excel dan tentukan peringkatnya dengan menggunakan rumus fungsi RANK !
Nah setelah membuat tabel seperti diatas, masukanlah rumus fungsi RANK pada cell J7 seperti contoh berikut:
Gambar 2. Memasukan rumus pada cell J7
Sesuai sintaks, maka bentuk rumusnya adalah seperti berikut:
=RANK(I7,I7:I16,0)
Setelah di Enter maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Gambar 3. Hasil setelah di Enter
Agar rumus ini bisa ditambahkan pada cell dibawahnya dengan cara ditarik, maka bagian REF pada rumus harus distring dengan cara, Blok bagian ref dirumus yang berbentuk I7:I16. Setelah di blok kemudian tekan tombol fungsi F4 pada keyboard, maka otomatis rumusnya akan berubah menjadi:
=RANK(I7,$I$7:$I$16,0)

Setelah di string, tarik cell J7 sampai cell J16, seperti gambar berikut:
Gambar 4. Meng copy rumus yang telah di string
maka secara otomatis rumus sudah di copy dan hasilnya muncul.

Jadi demikian cara menggunakan fungsi RANK untuk menentukan peringkat / rangking pada nilai yang diperoleh oleh siswa. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar di bawah postingan ini.

Posting Komentar untuk "Menentukan Peringkat dengan RANK (Fungsi RANK) dalam Microsoft Office Excel"