Obyek Pembersihan dan Sumber Pengotor Area Umum Hotel

MODUL HOUSEKEEPING KELAS XI
OBYEK PEMBERSIHAN DAN SUMBER PENGOTOR AREA UMUM HOTEL
(oleh I Gusti Ngurah Agung Sandy Warman, S.Pd.H)

Public area berasal dari katapublic danarea yang mempunyai arti yaitu:public adalah umum danarea adalah kawasan atau daerah. Jadi public area berarti kawasan umum dan daerah umum. Pada hotel, area umum menjadi area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali. Public area sectionadalah salah satu bagian yang berada dalam housekeeping departmentyang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel.

Tugas-tugas Public Area Section Seksi ini memiliki tugas memelihara keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan, kenyamanan dan keasrian fasilitas umum yang berada di hotel yang dikoordinir oleh seorang Chief Public Area.Tugas-tugasnya antara lain :
  1. Menata dan merawat public area, public rooms, dan office area
  2. Melaporkan kerusakan barang-barang inventaris pada atasa 
  3. Memelihara semua peralatan dan bahan pembersih yang digunakan 
  4. Melakukan general cleaningyang telah dijadwakan oleh atasan 
  5. Menggunakan peralatan dan bahan pembersih dengan prosedur yang benar 
  6. Memelihara suasana kerja yang sehat dan kerja sama yang baik
Dalam melakukan pekerjaan tersebut, maka seorang Public Area Attendant harus memahami tentang jenis objek yang dibersihkan, jenis pengotor area umum, macam-macam objek dan jenis pengotor area umum.


1. Obyek Pembersihan 
Objek Pembersihan yaitu tempat, benda atau ruang yang akan dibersihkan pada public area hotel. Adapun tempat atau benda atau ruang yang akan menjadi sasaran pembersihan berupa furnituredengan bahan dasar kayu kombinasi lapisan kulit,lantaidan dindingdengan bahan dasar batu, keramik, benang dan sebagainya. Objek pembersihan terbagi atas 2 bagian yaitu: 

a. Objek pembersihan dengan permukaan keras 
1. Metal: terdiri dari Aluminium,stainless steel, perak, kuningan,besi, atau benda lain yang dilapisi metal. Berikut objek yang berupa metal berikut ini




2. Kayu (wood)
Merupakan salah satu bahan bangunan yang ada di area hotel, yang terdiri dari kayu, kayu lapis, bambu, dan rotan. Berikut ini contoh berbagai macam kayu:


3. Lantai: 
merupakan bahan yang terbuat dari beberapa bahan, seperti keramik, batu, porselin, marmer, terrazzo, ubin. Adapun contoh lantai yang menjadi obyek pembersihan adalah sebagai berikut:


4. Plastik 
merupakan obyek pembersihan lain yang terdapat di publicarea hotel. Contohnya adalah :


5. Kaca 
merupakan obyek pembersihan lain yang terdapat di publicarea hotel. Contohnya adalah benda seperti:


b. Objek pembersihan dengan permukaan lunak
Selain dari objek yang berbahan keras, di hotel juga menggunakan bahan yang berbahan lunak, seperti:
(a)Karpet ( carpet ). 
(b)Kulit ( leather ). 
(c)Kertas dinding ( wall paper). 
(d)Vinyl. 
(e)Kulit sintetis / kulit buatan. 
(f)Tirai/gorden ( glass curtain dan night curtain). 
(g)Mebel ( funiture : jok sofa / kursi (upholstery).

2. Sumber Pengotor

Asal kotoran yang adadi sekeliling area hotel baik dari udara, alam dan lingkungan yang mengotori objek-objek tertentu.Tingkat kotoran yang di timbulkan oleh sumber pengotor adalah :
a. Tingkat kotor ringan: debu 
b. Tingkat kotor sedang: debu yang bercampur lemak, misalnya: debu terdapat pada area dapur. 
c. Tingkat kotor berat: noda tinta, getah, darah , dan noda karat. 

Sumber pengotor dapat diklasifikasikan menjadi : 


1) Debu (Dust):
adalah partikel halus yang berterbangan di udarabebas dan berhenti pada permukaan benda-benda seperti pintu, jendela, lampu, meja, dan dinding. 

2) Pasir/Tanah (Abrasive): 
adalah partikel halus dan keras, yangterbawa melalui sepatu seseorang yang datang ke hotel seperti ditemui pada lantai atau karpet. 

3) Lemak (Grease):
kotoran yang berupa debu yang menyatudengan lemak dan menjadi debu yang melekat, ditemui pada handle pintu, tombol lampu/TV, gagangtelephone, dan kran air.

4) Sampah (Rubbish): 
kotoran yang berupa daun kering, kertas,puntung rokok, dan bungkus permen. 

5) Noda (Spots/Stains): 
kotoran yang berupa noda tinta, darah,makanan, getah dll, yang memerlukan pembersihan khusus dengan menggunakan bahan pembersih kimiawi (Spot removingagents ).

6) Endapan bahan kimia (Chemical Deposit): 
kotoran yang berupa noda/ bercak pada metal akibat reaksi udara dengan permukaan metal, misalnya karat besi, noda alkohol pada kayu, bercak pada metal. 

7) Serangga (Insects): 
sumber pengotor yang dapat mengganggutamu pada malam hari, termasuk yang menularkan penyakit seperti nyamuk, kutu busuk, kecoak (cocroach), tikus. 

8) Bau busuk dan polusi udara: 
dapat merusak kesehatan manusia.Oleh karena itu bangunan hotel hendaknya jauh dari polusi udara dan bebas dari bau busuk yang berasal dari water drain.

Posting Komentar

0 Komentar