Jenis-Jenis Formulir yang Digunakan pada Housekeeping

Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional. 

Roomboy sedang mengisi formulir


Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu maka housekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel. 

Sebagai petugas yang profesional, housekeeping dalam melaksanakan pekerjaannya tentun menggunakan berbagai jenis formulir sebagai alat kontrolnya. Beberapa jenis formulir yang digunakan pada house keeping yaitu Roomboy Control Sheet, Room Report, Housekeeping Report, Lost and Found Report, Lost and Damages Report, Repair and Maintenance Report, Inventory Report, Cleaning and Guest Supplies Report, Log Book, Laundry Linen Slip, Room Check List, Lost and Found Book, Minibar Daily Sales Report, Minibar Daily Late Charge Report, Minibar Bill. 

Berikut penjelasan dari fungsi dan kegunaan jenis-jenis formulir yang digunakan pada house keeping: 

1. Roomboy Control Sheet adalah formulir yang digunakan oleh Roomboy saat membersihkan kamar untuk mencatat pemakaian guest amenities dan guest supplies. 


2. Room Report adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan melaporkan status-status kamar. Laporan ini disampaikan olehsupervisor. 


3. Housekeeping Report adalah laporan status kamar sebagai arsip kantor hoesekeeping 


4. Lost and Found Report adalah laporan yang dibuat oleh supervisor mengenai penemuan barang milik tamu. 

5. Lost and Damages Report adalah formulir untuk mencatat dan melaporkan barang atau perlengkapan kamar yang hilang, dibawa tamu maupun rusak. 

6. Repair and Maintenance Report adalah laporan yang digunakan memberitahukan permintaan perbaikan pada engineering department karena ada peralatan yang rusak. 


7. Inventory Report adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan mengontrol perlengkapan tamu maupun bagian housekeeping, yang meliputi : 
a. Linen 
b. Guest supplies 
c. Cleaning supplies 
d. Uniform 

8. Cleaning and Guest Supplies Report adalah formulir yang digunakan untuk melaporkan jumlah pemakaian obat / alat pembersih dan perlengkapan tamu yang dipergunakan dikamar. 

9. Log Book adalah buku catatan mengenai laporan dari shift 1 ke shift berikutnya. Berguna untuk menyampaikan masalah maupun pekerjaan yang telah diselesaikan 

10. Laundry Linen Slip adalah formulir untuk pengiriman linen kotor dari semua department yang ada di hotel 

11. Room Check List adalah formulir untuk mencatat data-data dan kondisi kamar yang diperiksa oleh room boy 

12. Lost and Found Book adalah buku yang berguna untuk mencatat data barang-barang tamu yang ditemukan dikamar tamu/area hotel lainnya. 

13. Minibar Daily Sales Report adalah formulir untuk mencatat laporan semua minuman yang dikonsumsikan tamu dikamar. 

14. Minibar Daily Late Charge Report adalah formulir untuk mencatat semua minuman di kamar yang telah dikonsumsi tamu tetapi tidak terbayar oleh tamu. 

15. Minibar Bill adalah formulir yang berguna untuk mencatat jumlah minuman beserta harganya untuk ditagihkan pada tamu. 

Demikianlah jenis-jenis formulir dan contoh formulir yang digunakan pada housekeeping.

Posting Komentar

0 Komentar