Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat-syarat Pemilihan Cleaner / Cleaning Supplies yang baik digunakan

Public Area Attendant memilih bahan pembersih
Public Area Attendant memilih bahan pembersih
Jika kita bicara tentang cleaning supplies atau sering kita sebut dengan cleaner, kita akan mengenal banyak sekali jenis zat ini. Beberapa jenis, terutama yang bersifat multi purpose, dipakai orang untuk membersihkan permukaan benda-benda seperti lantai, dinding, kaca dan lain-lain. Sedangkan cleaner yang bersifat solvent maupun water based pada umumnya dipakai di dunia industri seperti hotel maupun gedung-gedung yang besar. Namun demikian untuk menentukan cleaner yang baik banyak faktor yang perlu diperhatikan, sebab cleaner yang baik harus memenuhi persyaratan tertentu.

Cleaner yang baik pada umumnya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Biodegradable yaitu dapat diuraikan oleh micro organisme, sehingga tidak membahayakan lingkungan atau tidak mencemari lingkungan.
  2. Solubility yaitu dapat larut dalam air dan mudah dihilangkan dari permukaan benda yang dibersihkan.
  3. Wetting yaitu sifat pembasahan yang kuat, untuk mendapatkan sifat ini diperlukan adanya zat aktif permukaan (surfactants) untuk menurunkan tegangan permukaan air, sehingga pembasahan pada permukaan benda yang dibersihkan dapat berlangsung dengan cepat.
  4. Emulsification yaitu sifat cleaner yang bekerja memecah kotoran menjadi partikel-partikel kecil.
  5. Soil Suspension yaitu kotoran yang sudah diimulsikan harus dibuat tersuspensi dalam larutan untuk mencegah melekatnya kembali pada permukaan benda yang telah dibersihkan, zat yang dapat memberikan sifat ini disebut Emulsifier.
  6. Rinsability yaitu sisa-sisa zat pembersih dan kotoran harus mudah dihilangkan dari permukaan benda yang sudah dibersihkan.
  7. Desinfectant yaitu kemampuan yang dapat membunuh bakteri pembawa penyakit. h. PH cleaner harus memiliki sifat keasaman dan ke basaan tertentu (cleaner bisa bersifat asam, basa atau netral), tetapi sebagian besar dari kotoran bersifat asam, sehingga diperlukan cleaner yang bersifat basa. Sifat cleaning suplies asam (acidity) = PH<7 sedangkan Sifat cleaning suplies basa (alkalinity) = PH>7
  8. Tidak ada sifat “power fade out” untuk memiliki sifat ini diperlukan zat yang disebut chelating agent.

Demikianlah informasi tentang Syarat-syarat Pemilihan Cleaner / Cleaning Supplies yang baik digunakan di industri perhotelan. Dengan mengetahui syarat-syarat ini tentunya kita akan bisa memilih bahan pembersih yang tepat guna serta tidak merusak lingkungan.

TUGAS MANDIRI

  1. Sebutkan 8 syarat agar Cleaner dikategorikan baik
  2. Cleaner yang baik harus memiliki sifat Solubility, jelaskan!
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Biodegradable!
  4. Kirimkan photo anda saat melakukan pembersihan suatu objek yang ada dirumah dengan menggunakan cleaner dalam usaha mencegah penyebaran virus corona!

Posting Komentar untuk "Syarat-syarat Pemilihan Cleaner / Cleaning Supplies yang baik digunakan"