Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN LAYANAN TURN DOWN SERVICE UNTUK LAYANAN HOUSE KEEPING


Dalam layanan housekeeping terdapat salah satu layanan yang juga sangat penting untuk dipahami yaitu Turn Down Service. Sebelumnya mungkin sudah diketahui bahwasanaya Pelayanan di dunia perhotelan memang sangat beragam. istilahnya pun tidak bisa dianggap sedikit. pelayanan kamar saja sudah ada beberapa istilah, seperti, make up room, laundry service, order taker service, extra bed dan masihbanyak lainnya. salah satu pelayanan yang saat ini sudah jarang diminta oleh tamu adalah turn down service. Pelayanan ini hanya bisa dilakuka pada malam hari.

Turn Down Service adalah pelayanan yang diberikan oleh bagian housekeeping untuk membuka bed cover, merapikan tempat tidur (membuka sheet), mengganti towel yang basah dan guest supplies yang sudah terpakai oleh tamu yang dilakukan oleh room attendant diwaktu sore hari antara jam 18.00 – 20.00 WIB. Pada beberapa hotel turn down service sering disebut dengan istilah open bed.

Open bed berbeda dengan make up room, pada saat open bed hanya dibutuhkan waktu kira-kira 5-6 menit setiap kamarnya, sementara kegiatan open bed room attendant harus mengerjakan sekitar 30 - 40 kamar.

Untuk perlengkapan turn down service biasanya dilengkapi dengan door knop menu, coklat atau permen, guest comment, bunga anggrek. Standard set up turn down service berbeda-beda antara hotel satu dengan hotel lainnya.Ada beberapa hotel yang meletakkan laundry bag, laundry list atau dry cleaning list, dan pen diatas bed yang telah di open bed atau pada luggage rack, hal ini dimaksudkan agar tamu tidak lupa untuk melaundrykan pakaiannya keesokan harinya.

Langkah-Langkah Turn Down Service / Open Bed

Untuk melaksanakan tugas turn down service ini seorang room attendant harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya adalah kunci kamar dan perlengkapan tamu seperlunya. Adapun langkah-langkah dalam melaksanakan turn down service adalah sebagai berikut:

1. Tekan bel atau ketuk pintu tiga kali sambil menyebutkan identitas section.

2. Apabila tidak ada jawaban, buka pintu secara perlahan-lahan, karena kemungkinan tamu tidak mendengar karena berada di kamar mandi atau sedang tidur

3. Nyalakan lampu seperlunya.

4. Bed coVer / Duvet cover dibuka.

5. Kemudian bed cover dilipat menjadi dua atau tiga lipatan, dari bagian head atau atas ke bawah atau bagian kaki. Untuk mendapatkan lipatan yang baik bed cover dilipat sekali lagi dan disimpam pada almari rak paling atas. Penyimpanan dan pelipatan yang baik akam mempermudah pemasangan dikemudian hari.

6. Ujung sheet dan blanket dibuka dan tarik ke arah kaki sehingga membentuk segitiga.
Membuka twin bed yang ditempati dua orang tamu.
- bed cover / duvet cover pada kedua bed dibuka.
- setiap sisi bed lipatan sheet diatur berhadapan kea rah bedside table.
Membuka twin bed yang ditempati dua orang tamu.
- bed cover dibuka.
- sheet dan blanket dibuka dan dilipat menghadap side table.

7. Menempatkan door knop menu dan turn down coklat diatas lipatan sheet. Ada beberapa hotel yang yang mengganti coklat atau permen dengan bunga anggrek.

8. Membersihkan sampah dan ashtry.

9. Membersihkan kamar mandi jika perlu dan mengganti towel yang sudah basah.

10. Pintu ditutup kembali dan pastikan pintu kamar benar-benar sudah terkunci.

11. Apabila tamu berada didalam kamar, jangan lupa untuk berpamitan kemudian buat work sheet tentang jam masuk dan keluar berikut item yang diganti pada kamar tersebut.

Demikian informasi tentang Turn Down Service yang merupakan layanan tambahan yang diberikan kepada guest selama menginap di Hotel.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN LAYANAN TURN DOWN SERVICE UNTUK LAYANAN HOUSE KEEPING"