SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 04 Oktober 2014

Pengenalan dan Demo Penggunaan CAT (Computer Assisted Test) untuk Tes CPNS 2014

Tahun 2014 ini sangat banyak formasi CPNS yang dibuka baik pada lembaga kementerian, non kementerian, Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten. Dengan begitu banyaknya peluang sudah barang tentu yang melamar pun lebih banyak lagi. Perbandingan antara formasi yang disediakan dengan jumlah yang melamar di masing-masing formasi mungkin 1 berbanding 200. Sehingga untuk bisa terjaring dan lolos untuk menjadi CPNS tentu harus melalui perjuangan dan usaha yang besar. Persiapan-persiapan pun harus dilakukan oleh para peserta tes CPNS karena sama seperti tahun kemarin, di tahun 2014 ini, mulai dari pendaftaran yang melalui online termasuk juga tes cpns akan dilakukan dengan sistem CAT.

Apa sih CAT itu? CAT merupakan singkatan dari Computer Assisted Test, yaitu sebuah tes yang dilakukan dengan menjawab serangkain soal-soal dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan di komputer. Menjawab pertanyaan dengan sistem CAT ini, peserta diwajibkan menjawab pertanyaan tersebut dengan batas waktu yang telah disediakan.

Aplikasi Simulasi CAT-BKN
Tampilan Simulasi CAT-BKN

Nah apakah anda sudah pernah ikut test CPNS sebelumnya, jika sudah berarti anda tinggal mempelajari materi test saja, namun bagi anda yang baru ikut tes dengan sistem CAT ini, anda terlebih dahulu harus mengenal bagaimana caranya menjawab pertanyaan dengan penerapan CAT ini. Untuk itu berikut ini saya akan jelaskan materi apa saja yang harus disiapkan. Dalam tes CPNS tahun 2014 ini akan diadakan test TKD saja untuk pelamar umum atau TKD dan TKB sesuai kebutuhan, materi tes dikelompokan menjadi tiga yaitu:
  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Setelah anda tahu kelompok materi yang akan diujikan, selanjutnya anda harus mencoba metode CAT-BKN yang akan digunakan untuk test CPNS tahun 2014 ini. Untuk persiapan Seleksi ASN 2014, BKN telah meluncurkan Simulasi CAT-BKN Mandiri yang nantinya dapat anda pasang diperangkat PC anda dan bisa anda gunakan sebagai latihan dirumah sebagai persiapan mengikuti test CPNS.

Anda dapat mendownload secara gratis Aplikasi Simulasi CAT-BKN ini melalui link download berikut:

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims