Macam-macam Sistem Kunci Kamar Hotel dan Perlengkapan Kamar Tamu di Hotel

Hai semuanya, selamat datang di sandywarman.com. Seiring berkembangnya teknologi informasi di dunia, sangat berpengaruh pada perkembangan sistem yang ada dihotel secara keseluruhan baik dari segi sumber daya manusia maupun teknologi yang digunakan untuk kemudahan dan kenyamanan guest atau tamu yang menginap di hotel. Sebagai seorang room attendant, perubahan-perubahan ini sangat penting untuk dikenali dan dipahami cara penggunakan.
Sistem Kunci Kamar
Sistem Kunci Kamar

Nah pada postingan kali ini akan dibahas tentang "Macam-macam Sistem Kunci Kamar Hotel dan Jenis-jenis Fasilitas Kamar Hotel".

A. Sistem Kunci Kamar

Kamar hotel memiliki sistem kunci yang beragam, hal ini sangat penting baik bagi petugas kamar hotel maupun bagi tamu. Sistem kunci kamar yang baik akan menjamin keamanan tamu dan barang-barang milik tamu.

Sistem kunci kamar yang dipakai hotel-hotel saat ini ada dua macam.

1. Sistem Kunci Kartu
Sistem kartu adalah menggunakan kartu yang terbuat dari campuran plastik dan mika yang sebelum sudah diberikan kode tertentu, ada yang terbuat dari kertas tebal namun mempunyai magnetik pada garis hitamnya. Selain itu, ada pula yang menggunakan kartu dengan sistem magnetik murni.

Kunci kamar dengan sistem kartu terdapat dua jenis.
a. Manual card system
Manual card system adalah kunci kamar yang sudah diberikan kode berupa lubang-lubang tertentu yang tentunya sama dengan key box yang melekat di pintu kamar.

b. Electronic card
Electronic card adalah sistem kunci kamar yang menggunakan magnetic, memory card, atau chips seperti ATM. Dengan demikian, pada setiap kartu sudah mengandung barcode tertentu. Kartu ini sangatlah canggih karena setiap tamu keluar masuk kamar secara otomatis akan tercatat ke dalam sistem sehingga memudahkan untuk kepentingan keamanan. Di samping itu, kartu tersebut sudah disesuaikan dengan masa pakainya sesuai dengan menempati kamar.

2. Sistem Kunci Kamar Manual
Sistem manual adalah kunci kamar masih menggunakan anak kunci pada daun pintu.


B. Jenis Kunci Hotel
Kunci kamar di hotel ada beberapa jenis, berikut penjelasannya.

1. Guest Room Key
Guest room key adalah kunci kamar yang diberikan kepada tamu apabila tamu tersebut telah terdaftar di counter kantor dapur hotel dan digunakan tamu untuk akses ke kamar selama periode menginap.

2. Floor Key
Floor key adalah kunci kamar yang dapat membuka seluruh kamar tamu yang ada di satu lantai. Kunci ini digunakan oleh room attendant dan room supervisor.

3. Pass Key
Pass key adalah kunci yang digunakan untuk membuka beberapa kamar saja.
Umumnya dipakai room attendant untuk membuka sejumlah kamar yang menjadi tanggung jawabnya.

4. Master Key
Master key adalah kunci kamar yang dapat membuka seluruh kamar tamu yang ada di hotel tersebut. Kunci ini umumnya digunakan oleh housekeeping manager.

5. Grand Master Key
Grand master key adalah kunci yang dapat membuka seluruh kamar, di seluruh lantai, dan ruangan yang ada di seluruh gedung hotel.

6. Emergency Key atau Double Lock Key
Emergency key adalah satu kunci grand master khusus untuk membuka kamar yang di-double lock oleh tamunya dari dalam. Penggunaan lain dari kunci itu dapat digunakan untuk mengunci double lock pada pintu kamar agar pintu kamar tidak dapat dibuka dengan pas key, guest key atau master key Room Section

C. Perlengkapan Kamar Tamu
Perlengkapan kamar adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel di dalam kamar tamu sesuai dengan standar hotel. Perlengkapan ini termasuk fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu sesuai kebutuhan keperluan sehari-harinya selama menginap di hotel.

Fasilitas kamar dapat dikelompokkan menjadi empat sebagai berikut.

1. Fixture atau Non-Moveable Facility
Fixture adalah fasilitas yang disediakan di kamar yang menempel di tempatnya dan tidak dapat dipindahkan, disebut juga non-moveable facility. Misalnya wardrobe bathtub, wash basin, toilet bowl, atau lampu-lampu kamar yang menempel pada tempatnya.

2. Furniture atau Moveable Facility
Furniture adalah fasilitas yang disediakan di kamar yang dapat dipindahkan dan merupakan kebutuhan pokok.

3. Room Equipment
Room equipment adalah fasilitas yang disediakan di kamar di luar fixture dan furniture. Fasilitas ini berfungsi sebagai penambah kelengkapan dan kenyamanan untuk tamu di kamar. Fasilitas ini dapat digunakan oleh tamu namun tidah boleh dibawa pulang. Misalnya, handuk, selimut, dan sebagainya.

4. Guest Supplies
Guest supplies adalah fasilitas kamar yang disediakan oleh pihak hotel untuk keperluan tamu selama menginap dan termasuk kebutuhan tamu sehari-hari. Umumnya guest supplies dapat dibawa pulang oleh tamu, misalnya sampo, sabun mandi, sikat gigi, dan sebagainya.

Posting Komentar

0 Komentar