SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 21 Februari 2015

Penjelasan tentang Personal Hygiene dan Manfaat Hygiene di Tempat Kerja - Materi Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja

Hygiene merupakan hal terpenting yang harus diterapkan untuk mewujudkan kehidupan yang sehat baik jasmani maupun rohani. Ketika kita mendapatkan kesehatan tentunya kita akan dapat bekerja secara maksimal. Penerapan hygiene harus diterapkan setiap hari pada diri sendiri baik dirumah maupun ditempat kerja. Hal ini dilakukan karena Hygiene memberikan banyak manfaat tidak hanya dirumah namun juga ditempat kerja. Nah berikut ini adalah manfaat hygiene di tempat kerja.

A) Manfaat Hygiene di tempat kerja

Manfaat Hygiene di tempat kerja dapat dilihat pada gambar berikut ini:

a.  Hidup lebih disiplin dalam kerja dan hasil
b.  Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan 
c.   Hidup sehat dan lebih percaya diri
d.  Hidup penuh arti untuk orang lain
e.  Membuat nyaman dan aman

B) Personal  Hygiene

gambar hygiene,  room maid dengan penampilan yang ideal
gambar hygiene,  room maid dengan penampilan yang ideal
Personal hygiene adalah faktor yang sangat penting karena diri kita merupakan penghantar vector penyakit dan dalam makanan merupakan penyebab penyakit. Kebersihan diri adalah masalah serius dan harus menjadi perhatian bagi setiap orang yang bekerja di bidang Pariwisata.

Setiap pekerja di bidang Pariwisata dipandang oleh pelanggan dan pengusaha sebagai seorang profesional dan karena itu harus tahu apa yang harus diperhatihan dalam menjaga kebersihan pribadi, menumbuhkan tanggung jawab kesehatan setiap pekerja agar senatiasa sehat.

Secara umum semua pekerja di bidang pariwisata wajib untuk memperhatikan dan melaksanakan praktek kebersihan pribadi untuk meminimalkan kemungkinan kontaminasi kesehatan  kepada  pelanggan, pengusaha dan rekan kerja. Pada saat bekerja, anda    harus memperhatikan kebersihan dan penampilan yang sesuai dengan lingkungan anda bekerja.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan penampilan pribadi anda adalah:

1. Mandi setiap hari
Buatlah diri anda sehat dan segar, kelembaban karena keringat pada bagian-bagian badan yang tersembunyi, hendaknya segera diatasi. Anda akan berkeringat bila bekerja di tempat yang panas. Keringat tidak berbau dan  tidak  menguap  dengan  cepat.  Tetapi  bakteri  yang  ada  di  dalam keringat akan mengeluarkan bau terutama di ketiak, dimana keringat tidak bisa segera menguap. Mandi setiap hari dan memakai wewangian yang
tepat merupakan cara yang terbaik untuk mengatasinya.

2. Gunakan pakaian yang bersih dan licin
Pakaian yang anda pakai harus memberikan kesan yang tepat kepada tamu, enak dipakai, praktis dan aman.

3. Memiliki rambut yang bersih dan rapih
Rambut panjang yang dibiarkan terurai tidak cocok untuk bekerja karena kadang-kadang bisa terjepit pada furniture yang sedang dibersihkan. Panjang rambut  sebaiknya  sebatas  panjang  wajah.  Ada peraturan bahwa rambut panjang sebaiknya diikat kebelakang atau anda diminta memakai topi. Membersihkan rambut setiap hari akan membuat rambut anda sehat dan bersih.

4. Memakai perhiasan seperlunya
Hindari asesoris dan perhiasan yang bisa tersangkut pada furniture pada saat bekerja.

5. Rias wajah
Wajah dirias dengan sederhana dan lembut

6. Memiliki kuku yang bersih dan pendek tanpa cat kuku
Perhatikan tangan anda secara khusus, kuku jari anda harus bersih dan dipotong dengan rapih. Cat kuku sebaiknya dihindari, pakailah krem pelembut tangan secara teratur supaya tangan anda tetap halus.

7. Cucilah tangan anda selalu:
  • Sebelum mulai bekerja
  • Setelah istirahat
  • Setelah ke toilet
  • Setelah memegang setiap barang yang kena tanah atau debu
  • Pakailah sedikit sabun dan air panas bersihkan tangan anda dan keringat.

8. Memiliki gigi yang bersih dan pastikan dalam kondisi yang sehat
Gosoklah gigi anda minimal 3 (tiga) x sehari dan bila memungkinkan periksa gigi  anda  pada klinik tempat  anda  bekerja  setiap  6  (enam) bulan.

9. Memelihara kaki
Kaki sangat penting dalam melakukan pekerjaan anda pakailah sepatu yang  nyaman,  yang  tidak akan membuat  anda  tergelincir,  menutupi seluruh kaki dan mengamankan kaki anda dari barang yang terjatuh. Cucilah  kaki  anda  setiap  hari  dan  potonglah  kuku  anda.  Ganti kaos/stocking setiap hari.

Demikian sekilas pembahasan mengenai manfaat penerapan hygiene di tempat kerja dan cara penerapan personal hygiene.

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims