SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Sabtu, 27 Agustus 2016

Hal-hal Penting yang diperhatikan dalam Melaksanakan Prosedur Pembersihan

Siswa praktek melaksanakan pembersihan area umum sesuai prosedur
Praktek pembersihan public area
Membersihkan area umum hotel harus dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur. Adapun area umum hotel yang harus dibersihkan meliputi ruang lingkup area basah dan area kering. Melaksanakan prosedur pembersihan di area umum hotel perlu memperhatikan hal-hal penting dan teknik pembersihan yang tepat untuk menghindari kesalahan pemakaian alat dan bahan sehingga hasil yang diperoleh akan maksimal. Hal-hal penting tersebut adalah:
  1. Identifikasi dan tentukan daerah yang perlu dibersihkan dan dikerjakan.
  2. Informasikan pada bagian yang bertanggung jawab bila pembersihan diharapkan untuk segera dikerjakan.
  3. Kumpulkan dan periksa bahan-bahan pembersih, peralatan dan perlengkapan.
  4. Siapkan alat dan bahan pembersih sesuai dengan keadaan obyek yang akan dibersihkan
  5. Melakukan pembersihan mulai dari bagaian atas atau bagian paling tinggi menuju bagian bawah atau terendah, juga bagian dari yang paling jauh menuju menuju ke arah pintu.
  6. Lakukan pekerjaan dengan prinsip searah jarum jam atau berlawanan jarum jam jika obyek pembersihan di ruangan.
  7. Prinsip pembersihan adalah mengangkat kotoran, bukan mengangkat lapisan permukaan obyek yang dibersihkan atau meratakan kotoran.
  8. Bekerjalah dengan menggunakan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja.
  9. Mempergunakan bahan pembersih yang lunak sebelum menggunakan bahan pembersih yang keras/kuat (sesuaikan dengan tingkat pengotorannya)
  10. Pasang Rambu-rambu/Wet Coution jika sedang membersihkan daerah umum untuk menjamin agar tamu tidak terkena resiko bahaya seperti terpeleset akibat lantai basah atau kejatuhan air karena overhead cleaning (bagian di atas kepala).
  11. Siapkan semua rambu-rambu yang penting sehingga tidak membahayakan tamu dan staf
  12. Selalu memeriksa area/lokasi yang dibersihkan apakah sudah benar-benar bersih, sebelum meninggalkan area.
  13. Mengembalikan peralatan dan bahan pembersih pada ruang/gudang yang tersedia.

Itulah hal-hal penting yang diperhatikan dalam melaksanakan prosedur pembersihan area umum hotel (public area) sehingga dalam melaksanakan tugas pembersihan tidak terjadi kecelakaan kerja.

1 komentar:

  1. Halo rekan-rekan Sandywarman.com,
    Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com.
    Sebagai Penyedia Informasi Lowongan Kerja Gratis (Online Job Portal), kami sudah menjalin kerja sama dengan ratusan Media Online sebagai Media Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerja sama dengan Sandywarman.com.
    Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, yakni penayangan widget info lowongan kerja yang ada di Karirpad.com di media partner dan sebagai kontribusinya logo dan link media partner akan tayang di homepage Karirpad.com. Apabila tertarik, dapat mengkonfirmasi nomor kontak yang dapat dihubungi ke email helena@karirpad.com atau telepon/SMS/WA ke 0852 5622 9779.
    Sukses selalu untuk kita.
    – Jabat Erat –

    BalasHapus

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims