Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Function Room dan Jenis-Jenis Perjamuan

Jenis-Jenis Ruang Rapat 

Layanan ruang rapat/seminar di dunia perhotelan merupakan kerja sama dari beberapa departemen yang terkait. Housekeeping departemen adalah bagian dari kegiatan penyelenggaraan layanan ruang rapat/seminar. Pada hotel kecil dan menengah kegiatan ini menjadi tugas housekeeping dalam hal kebersihan, penataan, dan perlengkapan, sedangkan untuk penanganan administrasi penyelenggaraan ruang rapat merupakan tanggung jawab banquet yang berada di food and beverage departemen. 

Gambar ruang seminar hotel
Gambar ruang seminar hotel

Layanan ruang rapat/seminar, pada saat ini bahkan sudah ditangani oleh departemen khusus yaitu Convention/ MICE sehingga koordinasi yang dilakukan hanya sebatas satu departemen saja. Convention/MICE departemen memiliki bagian-bagian yang diperlukan untuk penyelenggaraan suatu kegiatan. 


A. Pengertian Function Room 

Function room adalah suatu ruangan yang digunakan untuk kegiatan penyelenggaraan rapat (meeting), bonus perjalanan (incentive), pertemuan (convention), pameran (exhibition), perjamuan function) pada periode, dan tujuan tertentu. 

Function room dalam persiapannya sangat memerlukan manajemen layanan yang baik karena dalam penyelenggaraan suatu kegiatan. Tamu bukan membutuhkan ruang rapat saja, tetapi tamu memerlukan keperluan lainnya seperti makanan, tempat tidur, tour, dan kenangan yang saling terkait. Pengaturan manajemen yang baik akan menghasilkan pendapatan yang memuaskan bagi hotel dan membentuk kesan, nama baik hotel di mata tamu. 

Manajemen layanan yang baik membawa dampak positif bagi hotel di antaranya sebagai berikut. 
  1. Meningkatkan prosentase pesananan ruangan rapat/seminar. 
  2. Meningkatkan pembayaran per tamu atas konsumsi di restoran. 
  3. Perhitungan penjualan pasti karena target dan tujuan sudah jelas sebelumnya. 
  4. Pembagian tugas lebih baik. 
  5. Perencanaan dan pelaksanaan lebih mudah karena jumlah tamu telah diketahui sebelumnya. 
  6. Di samping ruang rapat, tamu menggunakan fasilitas hotel lainnya. 


B. Jenis-Jenis Perjamuan 

1. Perjamuan dilihat dari orang yang melakukan pesanan dibedakan menjadi berikut. 
  • Pesanan Dilakukan oleh Suatu Kelompok; Pihak yang membuat/memesan function room merupakan bagian dari suatu kelompok/ masyarakat tertentu, misalnya ikatan profesi, group olahragawan, grup musik, negarawan, ikatan purnawirawan, dan lainnya. Jenis function yang dipesan meliputi jamuan cocktail, ballroom, konser room, dan mode show. 
  • Pesanan Dilakukan oleh Pribadi; yang membuat/memesan merupakan pribadi/perorangan dengan tujuan penyelenggaraan bersifat pribadi. Pihak pribadi, misalnya promosi, ulang tahun, pernikahan, dan perayaan lainnya yang bersifat pribadi. Jenis function yang dipesan meliputi ballroom/ hall dan jamuan cocktail. 
  • Pesanan Dilakukan oleh Usahawan; Pihak yang membuat/memesan adalah pengusaha dengan tujuan memperkenalkan dan meningkatkan usaha. Jenis function yang dipesan meliputi konferensi (baik nasional/internasional), seminar, presentasi/ pameran sebuah produk, dan bonus perjalanan. 

2. Dilihat dari cara penghidangan makanan, perjamuan dibedakan menjadi seperti berikut. 
  • Banguet merupakan bentuk paling mewah dari sebuah function. Selain penggunaan ruang dan personel hotel, juga menggunakan peralatan dan perabot yang banyak dari operasional hotel biasanya. 
  • Buffet adalah function yang makanannya dihidangkan secara prasmanan. 
  • Cocktail Party adalah function yang dilakukan hanya 1-2 jam saja. Pelaksanaan cocktail party tidak menyediakan meja dan kursi. Hanya beberapa meja ditempatkan di sudut-sudut untuk meletakkan piring-piring kotor. 
  • Barbeque adalah function yang makanannya dihidangkan dengan teknik baker (grill). 

3. Dilihat dari topik sidang, function dibedakan menjadi berikut. 
  • Plenary Lecture (sidang pleno, paripurna), yaitu acara ilmiah yang dipresentasikan oleh seorang pembicara tunggal dan dihadiri oleh seluruh peserta dan tidak ada acara ilmiah lain pada saat bersamaan. 
  • Symposia (simposium) yaitu acara-acara ilmiah yang dipresentasikan oleh beberapa pembicara berkenaan dengan topik-topik pokok yang ditentukan oleh panitia. Beberapa simposium dilakukan secara bersamaan, maka sering juga disebut paralel simposium. 
  • Oral Free Paper (makalah bebas) merupakan kesempatan yang diberikan kepada para peserta secara umum untuk menyajikan hasil riset atau pengalaman yang berkaitan dengan topik-topik yang ditentukan panitia. 
  • Poster Session yaitu makalah bebas yang disajikan lewat poster. Poster session kadang kala disebut scientific exhibition (paper ilmiah). 
  • Conference (konferensi) yaitu acara ilmiah yang banyak mengikut sertakan diskusi/tanya jawab yang berhubungan dengan suatu permasalahan/pengembangan. 
  • Forum yaitu diskusi yang umumnya dipandu oleh seorang penulis/penyaji. 
  • Congress yaitu acara ilmiah yang banyak mengajak peserta congress berdiskusi/tanya jawab yang umumnya digunakan untuk menunjuk/menentukan badan legislative. 



Tugas 
Cari dan kumpulkan gambar/foto tentang jenis-jenis penyelenggaraan function room dengan menggunakan sumber belajar internet. 

Tes Formatif 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan function room dengan benar! 
  2. Identifikasi jenis-jenis function dilihat dari jenis hidangan yang disuguhkan! 
  3. Apa perbedaan antara kegiatan function yang dilakukan oleh pribadi, kelompok, dan usahawan? 
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan poster session dalam penyelenggaraan function room! 
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan seminar dalam penyelenggaraan function room!
TOKEN ABSEN: B4L1J4N1

Posting Komentar untuk "Pengertian Function Room dan Jenis-Jenis Perjamuan"