Sabtu, 20 Januari 2018

Contoh Soal UKK Akomodasi Perhotelan 2018 bidang Housekeeping (tata graha)

ads space 1
Untuk menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang diselenggarakan antara bulan maret sampai april 2018 ini, sandywarman.com membagikan contoh Soal UKK Akomodasi Perhotelan 2018 bidang Housekeeping (tata graha). Pada bidang pekerjaan Tata Graha / housekeeping ini ada beberapa section yang diujikan yaitu:Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan (Public area attendant), Menyiapkan Kamar untuk Tamu (Room section), Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu (Housekeeping service).

B. BIDANG PEKERJAAN (CLUSTER) : TATA GRAHA (Housekeeping)
1. Disediakan kasus yang berhubungan dengan tugas di house keeping department
2. Penguji menilai grooming/penampilan seorang karyawan di house keeping Department
3. Penguji menilai sikap peserta uji yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan kerja dan sikap melayani (soft skill)

Contoh soal UKK Perhotelan housekeeping 2018

1) JUDUL UNIT
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan 
TUGAS
Tugasnya adalah menyelesaikan kasus di bawah ini  :
Bapak Farhan sebagai Supervisor memberikan tugas kepada anda sebagai seorang Public Area Attendant untuk membersihkan koridor kamar hotel berlantai karpet yang terkena tumpahan kopi. Anda diminta membuat pengajuan permintaan alat dan bahan pembersih sesuai objek yang akan anda bersihkan. Selanjutnya anda melakukan pembersihan dengan mempergunakan peralatan dan bahan pembersih sesuai standar operasional prosedur. 



2) JUDUL UNIT
Menyiapkan Kamar untuk Tamu 
TUGAS
Tugasnya adalah menyelesaikan kasus di bawah ini :
  • a. Anda sebagai seorang Room Attendant  mendapat tugas shift pagi di lantai 5, salah satu status kamar di lantai tersebut yaitu kamar no 510 statusnya Occupied dengan jenis kamar Deluxe Room berlantai karpet. Pada saat membersihkan kamar anda menemukan Air Conditioner di dalam kamar tidak berfungsi dengan baik (rusak) dan anda menemukan jam tangan yang terselip di bawah bed head board.  Anda diminta untuk melakukan pekerjaan tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur. 
  • b. Setelah selesai membersihkan kamar tersebut anda diminta menyelesaikan pengisian administrasi yang diperlukan sesuai dengan standar operasional prosedur.


3) JUDUL UNIT
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
TUGAS
Tugasnya adalah menyelesaikan kasus di bawah ini  :
  • a. Anda sebagai seorang Room Attendant  mendapat tugas shift pagi di kamar 205, status kamar di lantai tersebut adalah occupied, tamu meminta tambahan 1 extra bed untuk di kamarnya.
  • b. Setelah selesai membersihkan kamar tersebut anda diminta menyelesaikan pengisian administrasi yang diperlukan sesuai dengan standar operasional prosedur.

Demikian yang dapat saya sampaikan, silahkan baca juga:
Contoh Soal UKK Akomodasi Perhotelan tahun 2017-2018 Bidang Pekerjaan (Cluster): Front Office
Ads space 2

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims