Sabtu, 20 Januari 2018

Contoh Soal UKK Akomodasi Perhotelan tahun 2017-2018 Bidang Pekerjaan (Cluster): Front Office

ads space 1
Sudah tidak asing asing lagi bila anda bersekolah di SMK maka untuk menyelesaikan pendidikan harus melaksanakan beberapa ujian yaitu ujian nasional (UN) yang kini juga dilaksanakan dengan UBK, kemudian USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional), Ujian Sekolah, dan UKK (Ujian Kompetensi Keahlian). Untuk menghadapi UKK ditahun 2018 ini, khususnya untuk jurusan / kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan yang sekarang hanya disebut Perhotelan, sandywarman.com membagikan contoh soal UKK yang digunakan pada tahun ini untuk bidang pekerjaan Front Office.



A. BIDANG PEKERJAAN (CLUSTER): FRONT OFFICE 
1. Disediakan kasus yang berhubungan dengan tugas di Front Office Department
2. Penguji menilai grooming/penampilan seorang karyawan di Front Office Department
3. Penguji menilai sikap peserta uji yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan kerja dan sikap melayani (soft skill)

Contoh soal ukk perhotelan front office 2018

1) JUDUL UNIT
Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
TUGAS
Mr. Andrew White menghubungi edOTEL pada pukul 10.00, ia minta disambungkan dengan Mr. John Robert di kamar 201, akan tetapi setelah operator berusaha menghungi kamar 201 tidak ada jawaban. Operator menjelaskan bahwa kemungkinan Mr. John Robert sedang tidak berada di kamar. Kemudian Mr. Andrew White meninggalkan pesan agar Mr. John Robert bisa datang pada acara reuni di hotel Nirwana malam ini pukul 19.00
Tugas anda adalah mencatat pesan yang ditinggalkan untuk Mr. John Robert sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.

2) JUDUL UNIT
Memproses Reservasi
TUGAS
Hari ini Mrs. Stephani menghubungi edOTEL untuk melakukan pemesanan kamar untuk dirinya sendiri. Ia merencanakan untuk datang tanggal 13 September 2018 dan akan tinggal selama 3 malam. Ia juga minta layanan penjemputan di Bandara Juanda pukul 10.00 dengan no penerbangan GA 747. Untuk pembayaran ia akan melakukan transfer melalui ATM setelah memperoleh kepastian pemesanan kamarnya dari pihak hotel. Ia meninggalkan nomor HP (081756381378).
Tugas Anda, tangani permintaan reservasi tersebut, alokasikan kamar yang sesuai dengan permintaan tamu dan selesaikan pengisian formulir yang diperlukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur

3) JUDUL UNIT
Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
TUGAS
Mr/s. Robert Arkinson seorang Tour Manager dari USA hari ini check-in di edOTEL anda dan membutuhkan kamar Suite di lantai 2. Mereka datang dari Jakarta akan menginap di hotel selama 3 malam. Saat keberangkatan mereka akan melanjutkan perjalanan ke Bali. Anda sebagai Receptionist diminta melakukan menangani tamu tiba tanpa pemesanan kamar (Walk in Guest) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dimulai dari menjelaskan fasilitas hotel, fasilitas kamar, mendaftar tamu, meminta uang muka pembayaran kamar tamu (Deposit Payment), mengeluarkan kartu tamu (Guest Card), memberikan Breakfast Coupon dan Cash Receipt sampai pengalokasian kamar tamu di hotel.  

4) JUDUL UNIT
Menyediakan Layanan Porter
TUGAS
Anda berperan sebagai Bellboy yang akan mengantar Mr/s. Robert Arkinson ke kamar #201. Barang bawaan tamu yang harus anda tangani dengan menggunakan luggage trolley yaitu 1 Suitcase, 1 Vanity Case, 1 Briefcase dan 1 Travelling Bag. Berilah masing-masing barang bawaan tamu dengan Luggage Tag. Antarkan tamu tersebut ke kamarnya dan anda diminta untuk menangani peletakan barang bawaan tamu di tempatnya sesuai dengan jenis barang bawaan tamu tersebut. Langkah berikutnya mulailah dengan menjelaskan fasilitas kamar dalam Bahasa Inggris kepada tamu sesuai urutan fasilitas yang ada di dalam kamar. Kegiatan akhir yang anda lakukan yaitu memberikan kunci kamar dan guest card kepada tamu sekaligus mengucapkan kalimat pengharapan agar tamu merasa betah untuk tinggal di hotel. Selanjutnya isilah formulir Bellboy Errands Card sesuai dengan data tamu tersebut dengan benar.

Baca juga:
B. Contoh Soal UKK Akomodasi Perhotelan tahun 2017-2018 Bidang Pekerjaan (Cluster): Housekeeping / Tata Graha
Demikian contoh soalnya, silahkan dipelajari dan semoga sukses UKK. SMK Bisa, SMK Hebat

Ads space 2

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims