SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Senin, 25 Januari 2016

Mendeskripsikan tentang pengetahuan produk

Pada kesempatan ini saya bagikan materi pelajaran Public Relations tentang Pengetahuan Produk.
A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu:
1. Mendeskripsikan tentang pengetahuan produk 
2. Mengumpulkan contoh-contoh pengetahuan produk 
3. Mengidentifikasi aids/perangkat promosi produk 
4. Menemukan/membuat contoh-contoh aids/perangkat promosi produk 
5. Menjelaskan bagaimana membangun pengetahuan produk 
6. Membangun pengetahuan produk 
7. Menjelaskan teknik penjualan produk 8. Menerapkan teknik penjualan produk


B. URAIAN MATERI

1. Pengetahuan Produk 

Industri perhotelan dan perjalanan wisata adalah contoh industri yang bergerak dibidang jasa yang artinya produk yang dihasilkan atau dijualnya dominan dibidang jasa atau pelayanan. Dalam arti luas produk adalah sekumpulan atribut baik yang nyata maupun tidak nyata yang melengkapi barang. Secara lebih lengkap yang dimaksud produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba (nyata) ataupun tidak dapat diraba (tidak nyata) termasuk bungkus/ kemasan, warna, harga, pelayanan yang diterima pembeli guna memuaskan keinginan atau kebutuhan.


Produk yang dijual oleh industri perhotelan adalah produk nyata dan tidak nyata. Produk nyata yang dijual hotel antara lain kamar, makanan dan minuman, sedangkan produk yang tidak nyatanya adalah keramahtamahan, kesopansantunan, keamanan dan kenyamanan. Perbedaan antara yang nyata tidaknyata adalah jika produk nyatanya berwujud, tetapi produk tidak nyata adalah jasa atau pelayanan yang tidak terlihat namun dapat dirasakan oleh tamu.

Karakteristik jasa yang membedakan dengan barang ada empat yaitu: 
  • Intagibility yaitu tidak bisa dimiliki, jika barang bisa dimiliki namun jasa hanya dapat dinikmati/dikonsumsi tetapi tidak dapat dimiliki. Walaupun sebagaian besar jasa dapat berkaitan dan didukung oleh produk fisik misalnya mobil dalam jasa transportasi. 
  • Inseparability: barang biasanya di produksi terlebih dahulu kemudian dijual, lalu dikonsumsi sedangkan jasa dijual terlebih dahulu kemudian di produksi dan di konsumsi secara bersamaan. 
  • Variability: sifatnya jasa sangat bervariasi bentuk, kualitas dan jenisnya tergantung pada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut dihasilkan. 
  • Perishability: jasa merupakan komoditas yang tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan contohnya jika ada kamar yang tidak terjual pada hari ini maka akan hilang.

Produk utama yang dijual di hotel adalah kamar, makanan dan minuman. Adapula produk lainnya seperti ruang serbaguna (function rooms), laundry, jasa kesekertarisan,jasa transportasi, jasa pengasuhan bayi dsb. Produk yang dijual oleh hotel bisnis dengan hotel resort atau hotel airport, hal yang membuat berbeda adalah karakteristik tamunya.
Mendeskripsikan tentang pengetahuan produk
Mendeskripsikan tentang pengetahuan produk
Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims