SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Senin, 25 Januari 2016

Tujuan Promosi dan 4 Cara/ upaya Promosi yang digunakan Hotel

Setiap pekerja dibidang perhotelan ataupun perjalanan wisata yang bekerjanya langsung berhubungan dengan tamu sangat membutuhkan pengetahuan yang baik tentang informasi produk yang dijualnya. Bayangkan jika seorang Receptionist atau Ticketing staff tidak mampu menjelaskan produk yang akan dijualnya?

Promosi merupakan salah satu usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi seseorang untuk tertarik sehingga melakukan transaksi atas barang atau jasa yang dipasarkannya. Setiap karyawan diharapkan mampu mempromosikan produk yang dijual oleh hotel ataupun usaha perjalanan wisata.

Adapun tujuan promosi yaitu:
  • Menyebarkan informasi kepada pihak luar 
  • Mendapatkan kenaikan penjualan/profit 
  • Mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan 
  • Membedakan atau mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  •  Membentuk citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

Agar mencapai tujuan promosi tersebut, setiap karyawan dan disetiap kesempatan diharapkan mampu melakukan kegiatan promosi. Dalam upaya berpromosi ada empat cara yang digunakan oleh hotel yaitu: 
  • Personal selling yaitu kegiatan tatap muka antara penjual dengan calon pembelinya untuk menawarkan barang. Kegiatan ini memiliki kebaikan dan kelemahan. Kebaikan pada metode ini, penjual dapat mengetahui secara langsung reaksi konsumen. Kelemahannya ialah memerlukan waktu dan biaya yang besar. 
  • Publicity yaitu pemberitaan tentang suatu produk yang disampaikan melalui media. Dengan pemberitaan tersebut masyarakat/konsumen menjadi tahu tentang adanya produk. Kegiatan publicity ini biasanya diawali dengan mengundang wartawan untuk datang ke hotel dan kemudian memberitakan apa yang dilakukan perusahaan. Dalam hal-hal tertentu publicity sangat effektif untuk mengembalikan citra hotel yang mengalami penurunan karena sesuatu hal. 
  • Advertising atau periklanan yaitu suatu pesan tentang pruduk yang disampaikan melalui media dengan tujuan untuk memperoleh banyak pembeli. Pesan iklan ialah pesan yang sifatnya persuasif yang artinya membujuk, mempengaruhi bahkan merayu. Oleh sebab itu pesan iklan selalu penuh dengan kreatifitas. 
  • Sales promotion adalah upaya untuk meningkatkan volume penjualan dengan memberikan hadiah, discount, voucher, bonus dsb agar terjadi permintaan yang sifatnya segera. Dalam kegiatan sales promotion ini kadang-kadang disertai dengan demontrasi tentang penggunaan barang. Sales promotion mempunyai tujuan jangka pendek. Sedangkan advertising mempunyai tujuan jangka panjang.

Dari keempat cara berpromosi tersebut mempunyai keunggulan dan kelamahannya masing-masing. Keempat cara promosi tersebut umum digunakan di industri perhotelan dan usaha perjalanan wisata.

Dalam rangka mencapai tujuan hotel yaitu pendapatan  yang maksimal dari penjualan  produknya, maka  hotel menyadari bahwa setiap pekerja khususnya yang langsung berhubungan dengan tamu mempunyai kesempatan untuk mempromosikan produk hotel yang selalu  berubah  menyesuaikan  dengan  karakteristik tamu dan waktu, contohnya fasilitas  dan pelayanan  kamar,  menu makanan dan minuman dsb. Oleh sebab itu  pekerja diharapkan selalu mempelajari produk tersebut.

Ada beberapa upaya hotel untuk memberikan  informasi  produk  agar selalu terkini antara lain dengan cara menginformasikan  tentang  adanya informasi produk terbaru pada saat briefing,  menyimpan  brosur  di  mading kantin pegawai, mengadakan pelatihan tentang bagaimana menjual dan memberikan pelayanan produk yang baru, sedangkan sebagai karyawan juga  diharapkan aktif mengembangkan pengetahuan  produk  antara lain dengan  cara melakukan  observasi  untuk mengetahui  bagaimana  membuat suatu produk dan bagaimana  melayani  produk  tersebut, membaca  buku dan majalah tentang pariwisata  dan perhotelan, mengakses informasi tentang perkembangan produk dan pelayanan  melalui  internet, mengikuti  seminar atau pelatihan  tentang produk  dan pelayanan,  membaca  dan mempelajari  angket tamu untuk melihat sejauhmana tamu puas akan produk dan pelayanan.

Cara yang paling efektif  untuk mempromosikan produk dan jasa adalah dengan cara bertatap muka  (face to  face). Apabila anda memiliki pengetahuan  yang baik tentang produk dan kepercayaan  diri yang baik maka dapat meningkatkan pandapatan perusahaan daripada berpromosi dengan menggunakan brosur.

Tujuan Promosi dan 4 Upaya promosi
Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims