SANDYWARMAN.COM adalah sebuah situs web yang dibuat untuk tujuan berbagi ilmu tentang bahan ajar produktif akomodasi perhotelan, akuntansi, dan berbagai tips dalam membangun sebuah web. Mari saling berbagi ilmu untuk kemajuan kita bersama.

input Data Alumni Skawibha

Senin, 25 Januari 2016

Sifat Dasar Penjual dan Teori Menjual AIDAS

Apa yang dimaksud  dengan  menjual?.  Menjual  berarti  menjelaskan  suatu produk atau jasa yang informatif dan dengan cara yang menarik yang membuat tamu berkeinginan untuk membeli. Jika ini  dilakukan dengan profesional maka tamu  dapat menikmati pelayanan yang lain dan ketika mereka meninggalkan  hotel, mereka sangat ingin kembali datang ke hotel tersebut. 

1) Sifat Dasar Penjual
Ada beberapa  sifat  yang harus dimiliki agar dapat menjual yaitu:
  • Ramah 
  • Termotivasi 
  • Penuh perhatian 
  • Kesungguhan hati/Keikhlasan 
  • Bersemangat 
  • Kepercayaan diri 
  • Mempunyai pengetahuan tentang produk 
  • Berkeinginan keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik •Berkomunikasi dengan baik 
  • Memahami tamu atau mampu membaca keinginan tamu

2) teori  AIDAS
Agar dapat mempromosikan  dan menjual  produk  berhasil,  maka ada beberapa tehnik  yang  digunakan  yang disebut  dengan  selling  technic  skill  adalah  metode dengan  mana seseorang  yang terlibat dalam  penjualan membuat kontak dengan calon pelanggan dan menunjukkan  bagaimana  produk akan menguntungkan pelanggan  yang menghasilkan penjualan.  Ada banyak teknik-teknik khusus yang berbeda  dan  metode yang  dapat digunakan  dalam  penjualan  dan  banyak  orang menemukan bahwa praktek  dan mencoba metode yang berbeda membantu mereka menemukan  satu yang terbaik untuk mereka. Sebuah selling  skill biasanya  dapat dibagi  menjadi langkah-langkah yang berbeda  yang digunakan  untuk membuat penjualan.  Salah satu teori menjual yang dikemukakan adalah teori  AIDAS,  teori ini berisi tentang tahapan-tahapan  yang harus dilalui  oleh seorang penjual  di dalam melakukan kegiatan penjualan.
  1. Attention yaitu penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual. 
  2. Interest  bahwa  penjual  harus mengubah  perhatian  calon  pembeli menjadi minat yang kuat. 
  3. Desire  bahwa kebiasaan  calon pembeli dalam mengambil  keputusan membeli tidaklah sama. 
  4. Action  yaitu penjual  harus menyakinkan  kepada  pembeli  bahwa keputusan  untuk membeli  produk  yang ditawarkan  adalah  keputusan yang tepat. 
  5. Satisfaction  yaitu penjual  harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai apa yang dijelaskan.

"Rangkuman Materi Pengetahuan dan Promosi Produk"
  • Rangkuman Produk  yang  dijual  dapat  dibagi  menjadi  dua  yaitu produk nyata (tangible) dan produk  yang tidak nyata  (intangible), Produk nyata adalah  produk yang dihasilkannya  berwujud,  sedangkan  produk tidak nyata(intangible) adalah produk  yang tidak nyata namun  dapat dirasakan  atau dinikmati  oleh  tamu. Produk  yang  dijual  oleh  hotel sangat ditentukan oleh karakteristik tamunya. Karakteristik jasa yaitu intagibility, inseparability, variability, perishability Setiap karyawan  diharapkan  mampu melakukan  kegiatan promosi. 
  • Tujuan promosi yaitu; menyebarkan  informasi kepada pihak  luar,  mendapatkan  kenaikan  penjualan/profit,  mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan, membedakan atau mengunggulkan  produk dibanding  produk pesaing,  dan membentuk citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan. Cara yang paling efektif  untuk mempromosikan  produk dan jasa adalah dengan  cara bertatap muka (face to face).Karyawan juga diharapkan aktif mengembangkan  pengetahuan  produk  antara  lain  dengan  cara melakukan  observasi  untuk mengetahui  bagaimana  membuat suatu produk dan bagaimana  melayani  produk tersebut, membaca buku dan majalah tentang pariwisata dan perhotelan, mengakses informasi tentang perkembangan  produk  dan pelayanan  melalui  internet, mengikuti  seminar  atau pelatihan  tentang produk  dan pelayanan, membaca dan mempelajari  angket tamu untuk melihat sejauhmana tamu puas akan produk dan pelayanan.

Sifat Dasar Penjual dan Teori Menjual AIDAS
Sifat Dasar Penjual dan Teori Menjual AIDAS
Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Hai Sob, berikan komentarmu dengan sopan n NO SPAM.
Dilarang membuat komentar yang sama pada artikel yang berbeda, karena dianggap sebagai SPAM maka akan dihapus. Trims